1. Bukit Penjamur Bengkayang

bukit penjamur

Lokasi Bukit Jamur ini terletak di Kabupaten Bengkayang, tepatnya di Kelurahan Bumi Emas Jaku Malunu, Kalimantan Barat. Jarak Bukit Jamur kurang lebih 6 km dari pusat kota Bengkayang. Letak lokasi ini memang sangat strategis dan sangat mudah diakses. Dari Bukit Jamur ini Boboers dapat melihat indahnya lautan awan bak negeri dongeng, apalagi saat sang surya mulai menyembulkan sinarnya secara perlahan, dijamin pemandangan ini akan menjadi salah satu moment terbaik seumur hidup.

 

2. Air Terjun Mananggar

air-terjun-manggar

Air Terjun Mananggar  yang sering juga disebut Air Terjun Melanggar, Menanggar, atau Banangar merupakan Niagara dari Borneo.  Air terjun yang berupa patahan Sungai Landak ini berada di Hulu Sungai Landak. Tepatnya di Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak. Untuk menuju Air Terjun Mananggar ini dibutuhkan waktu enam hingga tujuh jam perjalanan dari Pontianak hingga ke Kecamatan Air Besar, lalu dari sana perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu.  Tapi jangan syedih, perjalanan panjang dan melelahkan Boboers akan terbayar lunas dengan kepuasan melihat keindahan ribuan tetes air yang jatuh dari ketinggian sekitar 600 meter, dan bersatu kedalam sebuah danau luas ditengah hutan tropis.

BACA JUGA:  Menikmati Kopi dan Kuliner "Kopi Sawah" Ditengah Indahnya Persawahan Yogyakarta

3. Danau Sentarum

danau sentarum

Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) merupakan salah satu surga tersembunyi lainnya yang berada di Kalimantan Barat. Untuk menuju ke Danau Sentarum ini benar-benar menguras tenaga dan dompet, karena untuk bisa mencapai Danau Sentarum, dibutuhkan waktu 14 jam dari Kota Pontianak untuk perjalanan darat dan air dengan rute Pontianak-Sintang-Semitau. Lalu, dari Semitau menuju ke lokasi menggunakan perahu motor jurusan Lanjak (Biaya sewa perahu 1juta/hari perahu bisa diisi 6 orang).  Atau bisa pula dengan jalur udara melalui Pontianak-Putussibau sekitar dua jam dan dari Putussibau ke Nanga Suhaid dengan longboat sekitar tujuh jam.

danau sentarum saat senja

Terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Taman Nasional Danau Sentarum memiliki peran penting bagi kehidupan di sepanjang jalur sungai. Mengalir darinya beragam kehidupan sehingga menjadikan taman nasional ini diakui sebagai salah satu situs Ramsar, yaitu sebuah perjanjian internasional untuk melindungi konservasi alam yang berharga ini.  Selain itu Danau Sentarum ini sangat unik karena sejatinya Danau Sentarum adalah danau musiman yang menjadi gentong air raksasa saat musim hujan. Parasnya berubah menjadi lapangan kering saat musim kemarau.  Saat musim hujan, danau ini berfungsi sebagai daerah tadah air hujan bagi Sungai Kapuas dan di musim kemarau air danau akan berpindah untuk mengisi kekurangan debit air di Sungai Kapuas sehingga mengubah danau raksasa Sentarum menjadi lapangan kering. Panorama Taman Nasional Danau Sentarum akan sangat memukau di musim hujan tentunya, luasnya danau dengan pulau-pulai kecil disekitarnya serta pepohonan lebat memberikan kedamaian dan pengalaman eksotis.

4.Bukit Kelam

A speed boat passing through Bukit Kelam, Kapuas Hulu river, Sintang, West Kalimantan, Indonesia. ©Center For International Forestry Research/Ramadian Bachtiar

Dengan tinggi sekitar 900 Mdpl, Bukit Kelam telah menjadi salah satu ikon wisata di Sintang, Kalimantan Barat. Bukit Kelam adalah sebongkah batu raksasa monolit, sehingga sering diklaim sebagai baru terbesar di dunia.  Selain kekokohannya yang menarik, Bukit Kelam juga menawarkan pemandangan alam yang eksotis. Dari atas puncak bukit ini, terlihat kota Sintang dan hutan yang terhampar luas.  Untuk mendaki sampai puncak, di Bukit Kelam ini ini sudah dibangun tangga untuk mempermudah pendakian.  Selama perjalanan menuju puncak Boboers akan disuguhi pemandangan indah khas hutan Kalimantan. Bahkan ada beberapa pohon yang langka.

BACA JUGA:  Indonesia Raih 3 Penghargaan Aseanta Awards

5. Pantai Temajuk

pantai temajuk kalimantan barat

Pantai Temajuk terletak di desa Temajuk, desa yang berada di sebelah utara bagian barat pulau Kalimantan, hanya berjarak 4 kilometer dari Telok Melano, Malaysia. Desa ini secara administatif berada di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia.  Desa ini memiliki garis pantai sangat panjang yakni sekitar 60 kilometer, dan disini terdapat lah Pantai Temajuk yang cantik itu.

6.Pasirnya yang berwarna coklat memberi panorama eksotis disanding dengan luasnya laut biru.  Selain itu  Pantai Temajuk ini sering disinggahi penyu untuk bertelur saat malam hari.  Tapi please banget..jangan ganggu mereka ya.

6. Pulau Selimpai

pulau selimpai

Seperti sebuah pulau, Selimpai terpisah dengan daratan Kabupaten Sambas.  Sisi selatannya hingga ke bagian barat berbatasan dengan laut Natuna, sedangkan di sisi utaranya terjaga oleh Sungai Merabau.  Jadi saat di Pulau Selimpai ini Boboers dapat menikmati wisata lengkap, ada hutan pinus, pantai, laut dan sungai.

Hamparan pasirnya landai dan pohon pinus tinggi menjulang menjadi daya tarik tersendiri dari Pulau Selimpai, Paloh.  Selain itu, dipinggir pantai pun berjejer pohon cemara memberi warna dramatis yang mempesona di Pulau Selimpai ini.

7. Sungai Kapuas

sungai kapuas

Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjangnya mencapai 1.143 km.  Sungai Kapuas menjadi urat nadi bagi kehidupan masyarakat (terutama suku Dayak dan Melayu di sepanjang aliran sungai. Sebagai sarana transportasi yang murah, Sungai Kapuas dapat menghubungkan daerah satu ke daerah lain di wilayah Kalimantan Barat, dari pesisir Kalimantan Barat sampai ke daerah pedalaman Putussibau dihulu sungai ini.  Sungainya yang kaya memberikan mata pencarian bagi masyarakat sekitar sebagai pelayan tradisional.

Untuk menikmati keindahan sungai Kapuas dan melihat secara langsung kegiatan masyarakat disetiap pesisirnya ini, Boboers bisa menggunakan kapal wisata yang terparkir di Taman Alun Kapuas, atau di Cafe Serasan, Pontianak Timur. Kapal wisata tersebut akan membawa Boboers mengarungi keindahan kota Pontianak dengan rute Taman Alun Kapuas melewati masjid Jami Sultan Syarif Abburrahman Alkadri, jembatan Kapuas satu hingga Cafe Serasan.  Tarif  Kapal wisata sungai Kapuas ini sekitar IDR 10.000.(*)

BACA JUGA:  ATRAKSI BARONG IDER BUMI KEARIFAN LOKAL BANYUWANGI DIGELAR SETIAP 2 SYAWAL

 

(Berbagai sumber/inda)