Home / PESONA WISATA / SOLO GREAT SALE DIGELAR SEBULAN PENUH

SOLO GREAT SALE DIGELAR SEBULAN PENUH

Indonesidaily.co.id-, Selama bulan Februari 2018, sebulan penuh Solo Great Sale digelar, demikian bunyi rilis yang diterima Indonesiadaily akhir Januari 2018. Kenapa mesti diselenggarajan pada bulan Februari ?. Karena bulan Februari merupakan bulan yang lesu, sepi, terhadap perputaran roda perekonomian di kota Solo, Jawa Tengah. Maka untuk mendongkrak supaya kondisinya tidak lesu, digelarlah Pesta Diskon atau lebih dikenal dengan sebutan Solo Great Sale. Pesta diskon tersebut dilakukan secara gede-gedean hingga 80 persen, mulai dari  pasar tradisional, kuliner (restro), mall, dan hotel.

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang meluncurkan event Solo Great Sale

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang meluncurkan event Solo Great Sale, yang menurutnya ide kreatif dari pelaku usaha kota Solo. Ide kreatif itulah yang kemudian didukung Pemerintah Kota Solo. “Kami berharap masyarakat tidak hanya berbelanja di pusat perbelanjaan modern, tetapi juga di pasar pasar tradisional”, kata FX Hadi Rudyatmo, sebagaimana yang tertulis di rilis.

Menurut Ketua Umum Panitia Solo Great Solo, Sri Haryanto, event pesta diskon ini diikuti lima ribu tempat usaha dan transaksi total, selama sebulan, ditargetkan 425 miliar rupiah. Panitia Solo Great Sale ini, tahun 2018, menggandeng 44 pasar tradisional, termasuk pasar Klewer.

Solo Great Sale

Solo Great Sale 2018, tidak hanya meliputi pesta diskon semata. Namun dibarengi pula kegiatan lain, seperti Festival Jenang, Festival Imlek Solo, dan Pawai Budaya Hari Ulang Tahun Solo. Kegiatan lain itu yang berbarengan dengan Solo Great Sale, adalah upaya sekaligus strategi untuk menyedot wisatawan datang ke kota Solo.

Patut dicatat pada bulan Februari sektor perhotelan memiliki tingkat hunian rendah, yakni 40% dengan lama tinggal kurang dari dua hari. “Melalui event Solo Great Sale ini, diharapkan  dapat mendongkrak tingkat hunian hotel  hingga 60 petsen”, kata  Daryono, Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia, wilayah Solo, melalui rilis yang diterima Indonesiadaily.

Solo Great Sale 2018 jelas lebih semarak dibanding tahun 2017. Jika ditilik dari jumlah tempat usaha yang menjadi peserta. Tahun 2017 tempat usaha yang ikut sekutar 3000 dan transaksi total sebesar  230 milyar rupiah.

Solo Great Sale

Solo Great Sale jelas upaya yang layak digaris bawahi sebagai langkah kreatif, setidaknya untuk menggairahkan perekonomian daerah di sektor pariwisata, jasa, dan perdagangan. Tidak dapat disangkal Solo Great Sale inipun dapat menarik kunjungan wisatawan ke Solo. Event Pesta Diskon inipun banyak ditiru, akhirnya, daerah lain di Provinsi Jawa Tengah juga daerah lain saling berlomba untuk menghidupkan kegiatan ekonomi daerahnya. (snm; foto dok)

Bagikan :

About Yayo Sulistyo

Check Also

WISATA SPORT DAN LAUT DIKEMAS DALAM BELITONG GEOPARK INTERNASIONAL KAYAK MARATHON 2018

Indonesiadaily.co.id-, Pariwisata Olahraga (sport tourism) Indonesia terus menggema, kali ini melalui gelaran Belitong Geopark Internasional ...

WAKTU INDONESIA BERLIBUR ANAK MUDA BERPERAN PENTING KEMBANGKAN PARIWISATA

Indonesiadaily.co.id-, Menteri Pariwisata Arief Yahya menekankan pentingnya peranan anak muda (the youth) dalam mengembangkan sektor ...

JURUS JITU KEMENPAR HADAPI TURUNNYA KUNJUNGAN WISMAN DI BULAN RAMADHAN

Indonesiadaily.co.id-, Pada bulan ramadhan masyarakat lebih memilih konsentrasi beribadah ketimbang berwisata, karenanya kunjungan wisatawan lokal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *