Home / PESONA WISATA / RENDANG DIGADANG-GADANG SEBAGAI MAKANAN PALING ENAK SEDUNIA

RENDANG DIGADANG-GADANG SEBAGAI MAKANAN PALING ENAK SEDUNIA

Indonesiadaiky.co.id-, Tahun 2016 dan 2017 makanan rendang dinyatakan sebagai makanan  terenak nomor satu di dunia versi CNN. Tahun 2017, makanan rendang dinobatkan sebagai nomor satu, sedang nomor duanya diraih nasih goreng.

Rendang Masakan Asli Indonesia

Pihak CNN merilis daftar 50 makanan  sedunia lewat 35 ribu voting di media sosial Facebook. Hasinya rendang makanan khas Sumatera Barat menduduki peringkat atas alias nomor satu, peringkat dua diduduki nasi goring, lantas sate menempati peringkat ke-14.

Sekadar informasi, Indonesia memiliki 5.350 lebih resep asli tradisional yang telah menjadi warisan bangsa Indonesia. Makanan Indonesia bukan hanya nikmatnya, namun juga setiap makanan  mengandung sejarah yang kaya. Kuliner Indonesia memang penuh warna dan cita rasa bumbu yang kuat.

Pada ASEAN Gastronomy Conference yang digelar di Hotel Shangri-La, Chiang Mai,  Thailand, akhir Januari 2017, peserta dibuat tertegun, karena filosofi makanan rendang yang mempunyai makna demikian dalam. Oleh forum tersebut filosofi rendang sangat sesuai dengan konsep  gastronomi dan berkelanjutan.

Rendang memenuhi kriteria gastronomi lantaran di dalamnya terdapat proses pembuatan yang dinamakan merandang. “Filosofi dari setiap unsurnya seperti daging mencerminkan prosperity, kesejahteraan, sedangkan rempah-rempah melambangkan peningkatan, enhancement, santan kelapa untuk integrator, dan cabe merah unruk pelajaran baik”, kata Vita Datau Messakh Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Republik Indonesia kepada Indonesiadaily di Jakarta, awal Februari 2018.

Vita Datau Messakh Ketua  Akademi Gastronomi Indonesia.

Vita Datau Messakh lah yang membuat peserta ASEAN Gastronomi Conference terpana, begitu diterangkan perihal filisofi makanan rendang yang pada saat ini benar benar digadang-gadang sebagai makanan terenak di dunia. Dalam forum tersebut Vita Datau Messah menegaskan bahwa kekayaan dan keanekaragaman gastronomi Indonesia merupakan kontribusi dari 1.340 suku. Keanekaragaman hayati berupa hutan tropis yang luasnya 80 juta hectare tempat berkembangnya 40 jenis tanaman serta perairan yang menyimpan  2.500 jenis ikan laut dan 2.184 ikan tawar. Semua ini menjadikan suku suku di Indonesia berkreasi  menciptakan makanan tradisional  yang mencapai lima ribu resep.

Paparan seorang Vita Datau Messakh sangat menyakinkan peserta, sehingga keluarlah konsep Gastronomi Indonesia yang disebut Triangle Consept, yaitu filosofi gastronomi berporos pada tiga tungku segitiga, masing-masing makanan, food, budaya, culture, dan sejarah, history.

“Antara food dan history terhubungkan spices alias rempah-rempah. Kemudian antara history dengan culture terhubungkan story telling, hikayat, sedangkan antara culture  dengan food  tersambungkan oleh ritual atau ceremony, upacara”, ujar Vita Datau Messakh yang juga Ketua  Akademi Gastronomi Indonesia.

ASEAN Gastronomi Conference

Indonesia pada forum itu adalah delegasi yang memberikan tiga strategi  untuk menguatkan Asean sebagai  Gastronomy Region dan menjadikan single destination ASEAN Gastronomy Tourism.Mengenai tiga strategi tersebut akan dibicarakan di 4th World Forum in Gastronomy  Tourism, dan Thailand menjadi  tuan rumah, 30 Mei -1 Juni 2018. (snm; foto vdm)

Bagikan :

About Yayo Sulistyo

Check Also

INDUSTRI PARIWISATA KEPULAUAN RIAU HASILKAN RP 4, 8 TRILIUN

Indonesiadaily.co.id-, Industri pariwisata apabila dikelola secara profesional, tidaklah bisa dipungkiri mampu memberi dampak signifikan terhadap ...

KAPAL PINISI IKON PAVILIUN INDONESIA DI TITF 2018

Indonesiadaily.co.id-, Kedua puluh dua kali Thai Internasional Travel Fair (TITF) digelar, dan tim Indonesia (melalui ...

SOLO GREAT SALE DIGELAR SEBULAN PENUH

Indonesidaily.co.id-, Selama bulan Februari 2018, sebulan penuh Solo Great Sale digelar, demikian bunyi rilis yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *