Home / PESONA WISATA / PESONA JEMBATAN EMAS PULAU BANGKA DIMALAM HARI

PESONA JEMBATAN EMAS PULAU BANGKA DIMALAM HARI

Indonesiadaily.co.id-, Jembatan yang oleh orang Bangka disebut juga Jalur Lintas Timur karena menghubungkan berbagai kabupaten kota di Kepulauan Bangka ini berada di kabupaten Bangka, Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kotamadya Pangkalpinang, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jembatan Emas yang konon bernilai Rp 400 miliar lebih ini, awal pembangunannya dilaksanakan pada jaman kepimpinan Gubernur pertama Eko Maulana Ali Suroso yang berlanjut kepada plt. Gubernur Rustam Efendi dan plt. Gubernur Hidayat Arsani, yang dilanjutkan oleh Gubernur Erzaldi Rosman yang menyempurnakan pembangunannya.

Jembatan Emas Pulau Bangka

Posisi Jembatan Emas ini setengah berada di Kabupaten Bangka (Sungai Liat) dan setengahnya lagi berada di Kota Pangkalpinang. Memiliki sistem buka tutup atau Bascule yang dalam pengerjaannya memakai konsultan ahli dari Inggris dan merupakan satu-satunya jembatan yang berteknologi Bascule di regional Sumatera. Jembatan ini nantinya dapat membuka akses pariwisata daerah, karena wisatawan yang melintasi jembatan dapat melihat langsung suasana keindahan Pantai Air Anyir dan PLTU Air Anyir di Kabupaten Bangka, serta Pantai Pasir Padi yang terletak di Kotamadya Pangkalpinang.

Dari kejauhan di malam hari Jembatan Emas sudah terlihat dengan lampu warna-warninya yang berganti-ganti. Ketika Indonesiadaily menginjakan kaki di jembatan yang memiliki panjang membentang sepanjang lebih kurang 700 meter dengan lebar 24 meter, sangat takjub dengan kemegahan bangunan jembatan yang kokoh dengan tata lampunya yang menurut salah satu narasumber menggunakan lampu LED yang lebih hemat energy.

Jembatan Emas Pulau Bangka

Jembatan Emas ini rencananya akan diresmikan akhir tahun 2017, bersamaan dengan akan digelarnya Jazz On The Bridge, sebuah konser  musik yang idenya dicetuskan oleh Gubernur Erzaldi Rosman dengan menggandeng Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menghadirkan para musisi Jazz kondang Indonesia.

Konser musik Jazz On The Bridge ini acaranya bukan tepat dijalan atau di atas Jembatan Emas, tetapi di Pantai Kola, Kawasan Jembatan Emas. Dengan menggunakan Jembatan Emas sebagai latar belakang dari panggung yang didirikan, jadi saat acara pagelaran musik jazz berlangsung jembatan akan terlihat lebih indah dengan sorot lampu warna-warninya. Dengan menjadikan Jembatan Emas sebagai latar belakang pemandangan panggung akan menjadi daya tarik sendiri dalam pagelaran Jazz On The Bridge.

Jazz On The Bridge

Pagelaran Jazz On The Bridge yang akan digelar pada tanggal 29 dan 30 desember 2017 sendiri akan menampilkan musisi Idang Rasidi, Fariz RM, Mus Mujiono, dan Tompi. Tak ketinggalan akan tampil beberapa band lokal yang sebelumnya sudah di seleksi oleh panitia seperti Pangkal Pinang All Stars, Puput and Friends, Trade Four Band, Pusm Band, Wizard Band, d’soulcoustic, dan Filosopi Band. Setelah pagelaran Jazz On The Bridge lampu yang menghiasi Jembatan Emas akan tetap terpasang sepanjang malam yang diharapkan akan menjadi daya tarik dan ikon pariwisata Kabupaten Bangka. (amin; foto tc/dok)

Bagikan :

About Yayo Sulistyo

Check Also

LOMBA DAN PAMERAN FOTO VIDEO HPN 2018 DORONG PARIWISATA SUMBAR

Indonesiadaily.co.id-, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan seiring dengan perkembangan zaman, karya foto dan video ...

FESTIVAL PULAU PENYENGAT 2018 MENGGALI BUDAYA MELAYU

Indonesiadaily.co.id-, Masih ada waktu untuk mempersiapkan diri apabila anda sekeluarga ingin bertandang menghadiri Festival  Pulau ...

TOP 77 CALENDER EVENT BANYUWANGI INDONESIA FESTIVAL 2018

Indonesiadaily.co.id-, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menetapkan Banyuwangi sebagai KotaFestival Terbaik di Indonesia. Penghargaan diterima ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *