Home / PESONA WISATA / PEMERINTAH DAERAH MAGELANG MENGGALI 10 DESTINASI WISATA BARU

PEMERINTAH DAERAH MAGELANG MENGGALI 10 DESTINASI WISATA BARU

Indonesiadaily.co.id-, Bicara Magelang, orang pasti menyebut Borobudur, padahal Kabupaten Magelang memiliki puluhan destinasi wisata kelas dunia.Hal tersebut dikatakan Iwan Sutiarso Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang saat acara Peningkatan Kemitraan Dengan Forum Wartawan Pariwisata dan Biro Komunikasi Publik Kementrian Pariwisata RI.

Wisata Keliling Magelang

“Magelang memiliki puluhan destinasi yang bertaraf nasional dan internasional. Ini yang sedang kami upayakan untuk bisa dikenal lebih luas hingga ke manca negara. Jadi nantinya masyarakat tidak hanya mengenal Borobudur saja”, papar Iwan dihadapan ratusan awak media yang tergabung dalam Forum Wartawan Pariwisata.

Karenanya, kata Iwan menambahkan, Magelang mempunyai potensi pariwisata yang cukup potensial untuk dikembangkan. Pasalnya, tiga unsur pariwisata, yaitu Budaya, alam, dan buatan berada di Kabupaten yang beribukota di Mungkin ini.

Meski begitu, Borobudur tetap menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan Nusantara dan mancanegara untuk berwisata ke Magelang, Jawa Tengah. Dari tahun ke tahun jumlah wisatawan yang datang juga meningkat, apalagi kini pemerintah menjadikan kawasan Candi Borobudur sebagai destinasi wisata unggulan tingkat dunia.

Berbagai persiapan pun terus dilakukan oleh pemerintah, termasuk melibatkan masyarakat setempat untuk merealisasikan hal itu. “Daerah pariwisata di kawasan Borobudur memang tumbuh luar biasa, persisnya dua tahun lalu. Begitu ada dorongan dari pemerintah menjadikan kawasan Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi super prioritas nasional, masyarakat pun menyambut antusias. Mereka melihat ada peluang besar di pariwisata”, papar Iwan.

Tari Tradisional Magelang

Iwan meyakini bahwa Kabupaten Magelang semakin dikenal luas, khususnya oleh masyakat dunia karena tidak lepas dari keberadaan Borobudur. “Borobudur sudah menjadi brand. Kita diuntungkan dengan adanya mahakarya dunia di sini. Untuk itu, tantangan kita menjaga yang ada di sekitarnya, termasuk budaya yang melingkupi”, ucapnya.

Iwan mentargetkan tahun ini bisa mencapai tujuh juta wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Magelang. Meski tidak mudah, namun strategi terus dioptimalkan untuk mencapai target tersebut.

“Akses ke Magelang juga sangat mudah. Kita didukung oleh empat bandara yang mendukung transportasi, dua di Yogyakarta, lalu Solo dan Semarang. Apalagi nanti kalau terealisasi ada kereta api di Magelang, akan memudahkan wisatawan langsung ke sini”, pungkas Iwan Sutiarso. (byl; foto mastb)

Bagikan :

About admin

Check Also

POLTEKPAR MAKASAR GANDENG BREDA UNIVERSITY BELANDA TINGKATKAN KOMPETENSI SDM PARIWISATA INDONESIA

Indonesiadaily.co.id-, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar menggandeng Breda University of Applied Science Belanda untuk bekerja sama ...

KEMENPAR KEMBANGKAN POTENSI PANTAI WIDARAPAYUNG CILACAP SEBAGAI DESTINASI SURFING

Indonesiadaily.co.id-, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) segera mengembangkan potensi wisata selancar atau surfing di Pantai Widarapayung yang ...

KEMENTERIAN PARIWISATA DORONG PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN JADI PROGRAM PRIORITAS

Indonesiadaily.co.id-, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendorong program pengembangan pariwisata berkelanjutan atau Sustainable Tourism Develompent jadi program ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *