Home / PESONA WISATA / MENINGKAT PELANCONG MALAYSIA KE JAWA TIMUR, MALAYSIA AIRLINES BUKA RUTE SURABAYA-KUALA LUMPUR

MENINGKAT PELANCONG MALAYSIA KE JAWA TIMUR, MALAYSIA AIRLINES BUKA RUTE SURABAYA-KUALA LUMPUR

Indonesiadaily.co.id-, Kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Jawa Timur tahun 2016 mencapai 618.000 pelancong, dan sebanyak 53.000 berasal dari Malaysia. Tahun 2017 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur pun meningkat, demikian pula untuk tahun 2018. Sementara diperkirakan, berdasarkan target, wisatawan Malaysia yang ke Jawa Timur meningkat minimal 5 persen dari 53.000 turis.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur H. Jarianto

Demikian pernyataan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur H. Jarianto kepada Indonesiadaily, pertengahan Januari 2018, melalai telepon genggam. Dikemukakan juga oleh H. Jarianto, bahwa turis Malaysia menyukai wisata minat khusus seperti bermain golf, dan senang berwisata alam, umumnya bertandang ke Gunung Bromo.

Tidak dipungkiri wisata Bromo,  dengan kawasan Tengger dan Semeru, adalah kawasan andalan.  Kawasan ini menjadi destinasi unggulan Jawa Timur yang pada tahun 2016 dikunjungi wisatawan mancanegara sebanyak 43.000 turis.

Selain Bromo, Tengger, dan Semeru, Provinsi Jawa Timur menyiapkan pula destininasi industri  tas kulit Tanggulangin di Kabupaten Sidoarjo. Karena itu, kata Jarianto saat ini disiapakan pembangunan infrastruktur, fasilitas penunjang dan sumber daya manusia pelaku pariwisata. Di samping destinasi industri tas kulit, ada destinasi lain yang tidak kalah menarik yaitu kawasan lumpur Lapindo.

Perihal rute baru yang diluncurkan Malaysia Airlines, Kuala Lumpur-Surabaya, sengaja untuk melancarkan kunjungan wisatawan Malaysia ke Jawa Timur. “Permintaan turis Malaysia ke Surabaya dari waktu ke waktu melonjak pesat, sangat tinggi. Maka dibukalah rute baru tersebut”, tulis Arved Von Zur Muehlen, Chief Commercial Officer Malaysia Airlines, melalui rilisnya yang diterima Indonesiadaily.

Malaysia Airlines

Penerbangan Kuala Lumpur-Surabaya dilakukan setiap hari  dengan menggunakan generasi terbaru Boeing 737-800.Kapasitas 160 kursi,  terdiri 16 kelas bisnis  dan 144 kursi untuk kelas ekonomi. (snm; foto din)

Bagikan :

About Yayo Sulistyo

Check Also

WISATA SPORT DAN LAUT DIKEMAS DALAM BELITONG GEOPARK INTERNASIONAL KAYAK MARATHON 2018

Indonesiadaily.co.id-, Pariwisata Olahraga (sport tourism) Indonesia terus menggema, kali ini melalui gelaran Belitong Geopark Internasional ...

WAKTU INDONESIA BERLIBUR ANAK MUDA BERPERAN PENTING KEMBANGKAN PARIWISATA

Indonesiadaily.co.id-, Menteri Pariwisata Arief Yahya menekankan pentingnya peranan anak muda (the youth) dalam mengembangkan sektor ...

JURUS JITU KEMENPAR HADAPI TURUNNYA KUNJUNGAN WISMAN DI BULAN RAMADHAN

Indonesiadaily.co.id-, Pada bulan ramadhan masyarakat lebih memilih konsentrasi beribadah ketimbang berwisata, karenanya kunjungan wisatawan lokal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *