Home / PESONA WISATA / MENIMBANG-NIMBANG WISATA HALAL DI PANGKALPINANG

MENIMBANG-NIMBANG WISATA HALAL DI PANGKALPINANG

Indonesiadaily.co.id-,  Ini cerita yang dikisahkan  pejabat provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Indonesiadaily tentang pelancong dari Kuala Lumpur, Malaysia, selama berlibur di Pulau Bangka, pelancong ini menginap di Pangkalpinang, kelabakan mencari kuliner halal. Di Pangkalpinang, memang ada pusat kuliner yang ramai dikunjungi warga kelas menengah, serta tidak terhitung rumah makan yang menyajikan masakan asal Padang, maupun restoran yang menghidangkan menu tradisional yang serba ikan.

Tempat Makan Bersertifikasi Halal

Tetapi tempat makan yang sudah mendapat Sertifikasi Halal bisalah dihitung dengan jari. Sang pejabat provinsi itu, nyatanya tidak bisa memberikan informasi pasti mengenai tempat kuliner halal di mana lokasinya, hanya cukup dengan memberikan rekomendasi restoran tertentu yang dianggap terenak serta halal tapi tidak bersertifikasi.

Perlukah setiap restoran atau rumah makan memiliki sertifikasi halal ?. Masalah ini jangan dianggap sepele, bahkan dipandang sebelah mata, terlebih lagi hal ini menyangkut dunia pariwisata. Kisah pelancong dari Kuala Lumpur, Malaysia itu jelas merupakan bukti yang tidak bisa ditutupi. Negara seperti Thailand, Jepang, yang warga muslimnya minoritas, justru makin gencar mendengung-dengungkan wisata halal.  Pada setiap restoran di kedua negara tersebut, Jepang dan Thailand, tertempel label, steker-halal yang dikeluarkan dari lembaga negara pengkajian pangan dan obat-obatan. Apa arti semuanya itu ?, sejatinya langkah jitu yang dilakukan pemangku kepentingan pariwisata Jepang dan Thailand untuk menyedot pelancong muslim. Pelancong muslim tidak ragu lagi datang berlibur ke negeri yang penduduknya mayoritas non muslim,  karena aman dan nyaman, terlebih lagi dalam perkara kuliner.

Sertifikasi Halal Oleh MUI di Bangka Belitung

Persoalan yang dipandang sebelah mata,yakni pentingnya setiap restoran berlabel halal dengan sertifikasi yang dikeluarkan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM – MUI), patut diterapkan di Pangkalpinang. Sesungguhnya masalah itu disadari pengelola restoran, termasuk hotel di Pangkalpinang, mengingat sektor pariwisata menjadi andalan,namun untuk mengurusnya konon membutuhkan waktu lama.

Inipun menjadi pekerjaan rumah yang mesti dicari jalan keluarnya. Sebagaimana diketahui pariwisata Bangka Belitung lagi naik daun, jumlah wisatawan yang datang grafiknya meningkat, sebaliknya pelancongnya tidak merasa nyaman, susah mencari destinasi halal.

“Jangan kita jadi omongan para wisatawan, para wisatawan datang ke Bangka Belitung dan menyampaikan keluhan betapa susah mencari makanan halal. Kita tidak ingin terjadi, kalau datang ke provinsi lain sulit dapat makanan halal. Sebaliknya di Bangka Belitung gampang mencari makanan halal yang ada logo halal dari LPPOM – MUI,” ucap Nardi Pratomo,  Direktur LPPOM MUI,  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kepada Indonesiadaily di Pangkalpinang, akhir Desember 2017, saat menyerahkan Sertifikasi Halal untuk resto Mie Ayam Magelang.

Kedai atau Warung Mie Ayam Magelang ini terkenal di daerah Pangkalpinang, dan dengan diberikannya sertifikasi halal LPPOM -MUI menjadikannya branding positif. Pelancong yang datang ke Pangkalpinang, begitu menatap spanduk berlogo halal dari LPPOM -MUI,  sudah tidak ragu bertandang ke Warung Mie Ayam Magelang, untuk mencicipi mie yang rasanya makk nyuuss.

Mie Ayam Magelang Tersertifikasi Halal

Sertifikasi halal bagi resto maupun hotel sangat besar manfaatnya. Apabila berada di suatu destinasi, terlebih di Pangkakpinang, konsumen makin tahu tempat nyaman dan halal yang memiliki sertifikasi dengan yang tidak bersertifikasi. Maka perlu sekali menimbang-nimbang untuk memaknai wisata halal di Pangkalpinang, yang bermanfaat besar buat pelancong. Dan bagi pelaku industri bisa mendatangkan pelancong. (snm; foto din/istw)

Bagikan :

About Yayo Sulistyo

Check Also

GEBYAR WISATA DAN BUDAYA NUSANTARA 2018 TAMPILKAN 500 OBYEK WISATA

Indonesiadaily.co.id-, Dalam rangka  mempromosikan objek wisata daerah di Indonesia seperti obyek wisata pegunungan, pertanian, lingkungan, ...

EVENT YOGA FESTIVAL 2018 TINGKATKAN HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA DAN INDIA

Indonesiadaily.co.id-, Dalam rangka peringatan hari Yoga Internasional ke-4, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Duta Besar ...

MENPAR MERESMIKAN CALENDAR OF EVENT GORONTALO 2018

Indonesiadaily.co.id-, Dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik, Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar bedagam kegiatan pariwisata ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *