Home / PESONA WISATA / Keindahan Pertiwi, Dari Sabang Hingga Merauke

Keindahan Pertiwi, Dari Sabang Hingga Merauke

Papua-“Dari sabang hingga Merauke berjajar pulau-pulau, sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia” demikian penggalan bait lagu karya Pujangga Bangsa R. Suharjo yang menggambarkan nyata kekayaan dan keindahan negeri.

Dimulai dari Tugu Nol Kilometer di Kota Sabang yang berada di Pulau Weh, keindahan bumi pertiwi di ujung paling barat Indonesia, telah dianugerahi percikan surga berupa pantai Iboih, Pantai Gapang, Air Terjun Pria Laot, dan pantai Anoi Hitam.

Hingga jua kita ke Merauke negeri paling timur Indonesia yang tak kalah kaya dan indah sebagai bagian penting dari perjuangan dan kejayaan Indonesia.

Dikutip dari laman www.indonesiakaya.com, menyebutkan, sebagai wilayah yang sarat akan nilai sejarah perjuangan Indonesia, tentu di kota ini terdapat banyak tempat-tempat bersejarah yang peringatan berdirinya Indonesia. Salah satunya adalah tugu kembar yang terdapat di distrik Sota. Tugu ini hanya ada dua di Indonesia, satu terdapat di Merauke dan lainnya di Sabang.

Tugu ini menjadi sebuah peringatan akan batas paling timur dan paling barat dari Negara Indonesia. Selain itu juga ada taman Sota, di tempat ini terdapat tugu peringatan batas wilayah timur paling akhir dari Indonesia beserta informasi koordinatnya. Taman ini tidak hanya menjadi penanda wilayah Indonesia, tetapi juga tempat wisata bagi masyarakat sekitarnya.

Tidak hanya wisata sejarah, Merauke juga mempunyai tempat-tempat wisata menarik untuk didatangi, seperti Pantai Lampu Satu yang begitu luas menghampar. Di pantai ini, kita dapat melihat salah satu mercusuar penunjuk arah bagi para pelaut yang sedang berlayar. Tempat ini juga merupakan desa nelayan yang berisi masyarakat komunitas Bugis dan Makasar. Umumnya mereka adalah pendatang yang mengadu nasib di perantauan Merauke.

Wisata alam pun juga menjadi pilihan yang menarik untuk didatangi. Salah satu yang terkenal adalah Taman Nasional Wasur. Dalam Taman Nasional ini, kita dapat menyaksikan kondisi alam asli Merauke yang merupakan perpaduan wilayah rawa dan padang savanna. Kemudian, hewan-hewan khas Merauke seperti rusa dan sejenis kangguru kecil pun banyak dapat kita temukan di Taman Nasional ini. Belum lagi, sarang rayap Musamus yang menjulang tinggi hingga 5 meter dan banyak ditemukan di sepanjang perjalanan ke Sota. Kondisi alam Merauke memang sedikit berbeda dengan kondisi alam Papua secara umum. Merauke memiliki kondisi alam yang tidak jauh berbeda dari Australia utara.

Bila kita ingin membeli barang-barang kerajinan khas Merauke, ada satu kerajinan khas menarik yang layak dibeli. Kerajinan ini adalah barang-barang yang berbahan dasar kulit buaya. Kulit buaya menjadi salah satu industri rumah unggulan bagi masyarakat Merauke, hal ini disebabkan karena populasi buaya yang begitu besar di Merauke. Hal ini legal secara hukum, karena ada kebijakan khusus bagi Merauke tentang perburuan buaya yang tetap dalam pengawasan pemerintah daerah setempat. Biasanya, kerajinan kulit ini dapat berupa dompet, ikat pinggang, sepatu, tas, bahkan tas golf yang cukup unik dan berharga cukup mahal.

Dalam sisi kuliner pun, Merauke terkenal mempunyai makanan yang cukup khas dan unik. Daging rusa misalnya, akan banyak kita temui di Merauke dan diolah dalam berbagai macam jenis makanan. Semur, dendeng, maupun sate berbahan dasar daging rusa umum kita temukan di seluruh kota Merauke. Hal ini sangat beralasan, karena rusa merupakan hewan yang mempunyai populasi sangat banyak di Merauke dan legal secara hukum untuk menjadi hewan buruan.

Kota Merauke punya pesona yang sangat menarik. Sebagai kota terujung di timur Indonesia, Merauke pantas untuk dijadikan destinasi wisata di propinsi Papua. Wilayah yang cukup aman, tenang dan penduduknya yang hidup damai berdampingan menambah keunggulan Merauke sebagai kota wisata. Kini, Merauke terus mempercantik diri sebagai kota wisata paling timur di Indonesia.(*)

Berbagai sumber

Bagikan :

About admin

Check Also

BENTENG TOBOALI MEREKAM SEJARAH PENGARUH KOLONIALISME DI BANGKA BELITUNG

Indonesiadaily.co.id-,  Setiap ke Pangkalpinang, ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, penggiat pariwisata yang menekuni minat wisata ...

MENYANTAP ROTI RAKYAT TIDAK SEKEDAR MENGGANJAL PERUT

Indonesiadaily.co.id-, Berada di Pangkalpinang, Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. selama meliput perhelatan musik Jazz On ...

AJAK SELEBRITA BERLIBUR, STRATEGI DONGKRAK WISATAWAN SINGAPURA KUNJUNGI BABEL

Indonesiadaily.co.id-, Sebagaimana diketahui wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang jaraknya tidak begitu jauh dari Jakarta ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *