Home / PESONA WISATA / INDUSTRI PARIWISATA CEPAT ATAU LAMBAT AKAN MENGHADAPI PERUBAHAN

INDUSTRI PARIWISATA CEPAT ATAU LAMBAT AKAN MENGHADAPI PERUBAHAN

Indonesiadaily.co.id-,  Dalam suatu kesempatan acara seminar di Jakarta, tatkaka bersama awak media, Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya memberikan penjelasan bahwa industri pariwisata cepat atau lambat akan menghadapi perubahaan yang revolusioner. Perubahan itu harus mengikuti perubahan gaya hidup konsumen.

Digitaling Pariwisata Indonesia

Tidak dapat ditampik, pernyataan Menteri Pariwisata Republik Indonesia itu benar adanya. Saat ini sudah berada di depan mata, nyatanya industri pariwisata Indonesia menuju ke arah perubahan yang mengikuti gaya hidup konsumen. Perubahaan gaya hidup tersebut makin go digital, komunikasi bersifat personal, mobile, dan interaktif. Saat ini sekitar 70% pencarian dan sharing data menggunakan cara digital. Media digital dinilai empat kali lebih efektif dalam menyampaikan pesan  dari pada media konvensional.

Revolusi digital tidak bisa dihindari, tidak terkecuali pada industri pariwisata. Berdasarkan data dari organisasi pariwisata dunia yang dikeluarkan ahkir 2017, diketahui 82% wisatawan lebih suka mencari langsung informasi destinasi dengan menggunakan platform digital. Sisanya  53% untuk mencari akomodasi, 47% untuk mengetahui transportasi  di destinasi wisata, 36% wisatawan menggunakan platform digital untuk rekomendasi  tempat makan dan 40% untuk mencari aktivitas wisata yang dilakukan di destinasi. Platform digital ini menghubungkan langsung penyedia jasa dengan konsumen.

Digitaling Industri Pariwisata Indonesia

Karenanya untuk menghadapi tantangan itu berbagai pihak yang berada dalam wadah industri pariwisata mau tidak mau mereka mesti meluncurkan produk digital. Seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia disingkat PHRI yang meluncurkan bookingina.com. Platform ini  mengumpulkan berbagi hotel dan restoran yang bergabung di PHRI untuk menjual dan menerapkan sharing economy.

Juga Association of the Indonesia  Tours and Travel Agencies, disingkat Asita,  mencuatkan AsitaGo, www.asitago.co.id. AsitaGo  merupakan sistem  dan jaringan distribusi  untuk produk dan jasa industri pariwisata yang memungkinkan anggota Asita dapat mengakses serta  berbisnis produk maupun  jasa pariwisata secara online. Produk dan jasa yang menjadi lingkup AsitaGo saat ini antara lain tiket pesawat domestik dan internasional, kamar hotel, kereta api, paket wisata domestik dan internasional, serta paket haji umroh.

Revolusi Digital Pariwisata Indonesia

Revolusi digital di ranah industri pariwisata pun tiba. Peluncuran platform digital dalam industri pariwisata Indonesia itu diharapkan menjadi tonggak digitalisasi industri pariwisata nasional, supaya siap menghadapi persaingan global. (snm; foto din)

Bagikan :

About Yayo Sulistyo

Check Also

SENJA DI JEMBATAN EMAS RASAKAN GETARAN BARU PARIWISATA BABEL

Indonesiadaily.co.id-, Semenjak diresmikan Gubernur Erzaldi Roesman 29 Desember 2017 dan malamnya selama dua hari digelar ...

BENTENG TOBOALI MEREKAM SEJARAH PENGARUH KOLONIALISME DI BANGKA BELITUNG

Indonesiadaily.co.id-,  Setiap ke Pangkalpinang, ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, penggiat pariwisata yang menekuni minat wisata ...

MENYANTAP ROTI RAKYAT TIDAK SEKEDAR MENGGANJAL PERUT

Indonesiadaily.co.id-, Berada di Pangkalpinang, Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. selama meliput perhelatan musik Jazz On ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *