Home / PESONA WISATA / AJAK SELEBRITA BERLIBUR, STRATEGI DONGKRAK WISATAWAN SINGAPURA KUNJUNGI BABEL

AJAK SELEBRITA BERLIBUR, STRATEGI DONGKRAK WISATAWAN SINGAPURA KUNJUNGI BABEL

Indonesiadaily.co.id-, Sebagaimana diketahui wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang jaraknya tidak begitu jauh dari Jakarta maupun negeri tetangga Singapura, setidaknya ditempuh selama satu jam melalui transportasi udara, dikelilingi lautan. Maka tidaklah ditampik ciri khas utama makanan masyarakat Bangka Belitung pun berhubungan dengan hasil hasil laut atau hasil olahan laut, selain hasil perkebunan yang ada.

Martabak Bangka

Memang, kuliner Bangka Belitung memiliki beragam jenis makanan kecil tradisional berupa kue seperti martabak yang di Singapura dan Malaysia pun mudah dijumpai dengan merek Martabak Bangka,  Hok Lo Pan,  Rintak Sagu,  Siput Gong-Gong,  Kricu, Lembik Durian atau Cempedak, makanan sejenis dodol,  Rusip,  Abon Ikan,  Terasi,  Kerupuk, dan Getas.

Adalah juru masak Mel Dean yang terkenal dari kalangan Malayu Singapura sangat tertarik datang ke Bangka Belitung, teristimewa Pulau Belitung, untuk berlibur sekaligus membuat program kuliner televisi bersama penggemarnya. Mel Dean mempunyai reputasi jempolan,  dikenal sebagai juru masak kondang di Singapura yang tidak diragukan lagi dengan banyak sekali  follower di media sosial, juga sempat menjadi juru masak kenegaraan.

Pameran Pariwisata Bangka Belitung

Metode mengajak seleberiti untuk berlibur bersama penggemarnya merupakan strategi yang dijalankan dalam memasarkan pariwisata daerah Bangka Belitung, khusus demi mendongkrak pelancong Singapura untuk berkunjung ke Belitung. Melalui cara demikian menurut Rustam Effendie, pelaku wisata dan pendiri perusahaan biro perjalanan belitungisland.com kepada Indonesiadaily lewat email, bahwa hal yang sangat penting untuk menumbuhkan kepercayaan terhadap masyarakat Singapura, tidak terkecuali kalangan pebisnis supaya yakin dengan potensi bisnis pariwisata di Belitung.

Demi mendongkrak warga Singapura datang ke Bangka Belitung untuk berlibur dan berbisnis, beberapa waktu lalu, tepatnya di restoran Pondok Gurami di Changi Village Hawker Center Singapura digelar temu travel agent dan event organiser asal Singapura untuk memasarkan Belitung. Ratusan wisatawan sangat antusias mengetahui potensi pariwisata Belitung. Peserta yang hadir pada acara tersebut kebanyakan merupakan pelaku bisnis yang melihat potensi Belitung tidak hanya dari sisi pariwisata semata melainkan dari sisi potensi peluang bisnis serta investasi.

Acara tersebut digagas oleh anggota Singapore Malay Chamber of Commerce and Industry (SMCCI) sebagai tindak lanjut dari pertemuan bisnis dengan BUMD Belitung, PT. Belitong Mandiri. Acara temu travel agent dan event organiser asal Singapura itu dibuat dalam bentuk busines lounge, di mana para peserta mempresentasikan penawaran bisnisnya dalam bentuk booth. Beberapa agen perjalanan lokal Singapura bersemangat menjual paket wisata Belitung.

Pariwisata Bangka

Beberapa booth juga menyajikan produk dan layanan pendukung seperti penyedia golf tur, wine, dan campagne halal tanpa alkohol, komunitas kuliner ekspariat di Singapura, penyelenggara paket wedding tour, dan penyelenggara diving tour. Secara umum peserta sangat tertarik menggali tour ke Belitung. Perlu diketahui acara itu digelar, Bupati Belitung Sahani Saleh ikut hadir, diadakan masih dalam upaya untuk mendukung suksesnya penerbangan internasional langsung Belitung Singapura. (snm;  foto dok Asita)

Bagikan :

About Yayo Sulistyo

Check Also

GEBYAR WISATA DAN BUDAYA NUSANTARA 2018 TAMPILKAN 500 OBYEK WISATA

Indonesiadaily.co.id-, Dalam rangka  mempromosikan objek wisata daerah di Indonesia seperti obyek wisata pegunungan, pertanian, lingkungan, ...

EVENT YOGA FESTIVAL 2018 TINGKATKAN HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA DAN INDIA

Indonesiadaily.co.id-, Dalam rangka peringatan hari Yoga Internasional ke-4, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Duta Besar ...

MENPAR MERESMIKAN CALENDAR OF EVENT GORONTALO 2018

Indonesiadaily.co.id-, Dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik, Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar bedagam kegiatan pariwisata ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *