Home / PELANGI / RENDEZVOUS ACRYLIC WOOL DENGAN BAHAN FAUX LEATHER DAN BATIK CIREBON MERMOTIF WAYANG DI KARYA NINA NUGROHO

RENDEZVOUS ACRYLIC WOOL DENGAN BAHAN FAUX LEATHER DAN BATIK CIREBON MERMOTIF WAYANG DI KARYA NINA NUGROHO

Indonesiadaily.co.id-, Karya Nina Nugroho yang ditampilkan di Indonesia Modest Fashion Week 2018 baru-baru ini adalah mengangkat batik-batik ataupun wastra budaya dari daerah-daerah pesisir Indonesia. Cirebon sebagai kota asal Nina Nugroho memberi inspirasi tema pesisir, dengan mengangkat batik Cirebon yang dikombinasi dengan motif wayang yang disematkan dibeberapa bagian busana sebagai perwujudan rasa cinta terhadap wastra budaya Indonesia, khususnya Cirebon sebagai salah satu kota pesisir.

Nina Nugroho desainer busana muslimah Indonesia

“Tema Indonesia Modest Fashion Week 2018 kali ini adalah tema pesisir mengangkat batik-batik atau pun wastra budaya dari daerah-daerah pesisir Indonesia. Saya mengangkat Batik Cirebon sebagai daerah asal saya. Untuk outer wayang-wayangnya dibordir, inspirasi wayang yang disematkan agar sekali dilihat menjadi pusat perhatian. Mengapa mengambil ornament wayang, karena  di dalam wayang banyak karakter-karakter yang kuat. Dan wayang-wayang sekarang sudah banyak terlupakan oleh banyak pihak atau yang dikenal sekarang wastra budaya Indonesia hanya batiknya saja”, ujar Nina Nugroho.

Sebagai salah satu desainer yang berkesempatan menampilkan karya di Indonesia Modest Fashion Week 2018, Nina Nugroho menampilkan koleksi dengan tema Rendezvous, yang mempunyai arti pertemuan. Desain Nina Nugroho mempertemukan antara desain klasik dan modern, konsep dasarnya mempertemukan antara fungsi dan keindahan.

Pertemuan antara fungsi dan keindahan maka berarti memaksimalkan fungsi, ketika hal ini diranah fashion mempunyai arti memaksimalkan fungsi busana wanita modern yang aktif dengan keindahan yang ditampilkan. Menggunakan bahan acrylic wool yang berserat dipadukan dengan bahan faux leather berlapis satine yang lembut dan batik Cirebon dengan motif wayang yang dibordir dibeberapa bagian busana yang ditampilkan. Warna yang dipilih didominasi warna hitam sebagai lambang keklasikan dan paduan ungu tua dan muda yang menggambarkan moderinisasi. Bahan katun juga digunakan sebagai lining dalam.

Rendezvous by Nina Nugroho

Untuk kali pertama Nina Nugroho memadu padakan desain busananya dengan aksesoris tambahan berupa tebaran Swarovski berukuran besar dan kecil untuk hiasan yang berfungsi sebagai kancing yang menonjolkan unsure elegan dan kemewahannya. Dalam total looknya ditambahkan sarung tangan berbahan faux leather dan jaring kepala (bird cage) untuk memperkuat kesan klasik.

Pertemuan antara klasik dan modern ini tertuang dalam konsep busana kerja yang khas dengan desain modern untuk blazer, outer, vest, skirt, pipe pants, cullotes, dan shirt, yang disajikan dengan look yang klasik. Pertemuan funsi dan keindahan adalah memaksimalkan fungsi busana wanita modern yang aktif dengan keindahan yang ditampilkan.

Karya-karya fashion Nina Nugroho dikhususkan bagi para kaum muslimah aktif yang multiperan di seluruh dunia. Sebuah karya fashion muslimah yang terinspirasi dari kebutuhan para muslimah aktif (wanita professional dan pengusaha) yang ingin tampil berkelas namun simple. Karya fashion Nina Nugroho dapat digunakan oleh para muslimah dengan aktifitas kegiatan yang padat, untuk berbagai macam kegiatan, baik resmi maupun santai.

Nina Nugroho Indonesia Modest Fashion Week 2018

“Indonesia tahun 2020 akan menjadi pusat mode muslimah dunia, kita jangan sampai lupa dengan jati diri bangsa, disaat mata didunia melihat tertuju kepada Indonesia sebagai center of mode fashion muslimah kita yang berasal dari Indonesia jangan lupa untuk melestarikan budaya leluhur bangsa kita”, pungkas  Nina Nugroho. (lela: foto tc)

Bagikan :

About admin

Check Also

PERTUMBUHAN PESAT BUMI SERPONG DAMAI MEMBUAT RESTORAN BUMI SAMPERIUN BUKA CABANG KE 2

Indonesiadaily.co.id-, Kota penyangga Jakarta, di kawasan selatan Jakarta yakni Bumi Serpong Damai, Tangerang mengalami pertumbuhan ...

MUSDALUB PERSATUAN ARTIS MUSISI MELAYU DANGDUT INDONESIA DKI JAKARTA SUKSES DIGELAR

Indonesiadaily.co.id-, Dibalik kesuksesan Musyawarah Daerah Persatuan Artis Musisi Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI) DKI Jakarta ada ...

BABAK 20 BESAR DAPATKAN WILD CARD ABI RAFDI SIDRAP JADI JAWARA KDI 2018

Indonesiadaily.co.id-, Sebagai ajang pencarian bakat penyanyi dangdut Kontes Dangdut Indonesia (KDI) hadir tidak hanya sebagai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *