Home / PELANGI / PUNCAK ACARA GRCC 2018 BERIKAN PENGHARGAAN DAN LUNCURKAN LITERASINUSANTARA.COM

PUNCAK ACARA GRCC 2018 BERIKAN PENGHARGAAN DAN LUNCURKAN LITERASINUSANTARA.COM

Indonesiadaily.co.id-, Puncak acara Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2018 di Balai Kartini, Raflesia Ballroom diisi oleh penampilan dari anak didik masing-masing komunitas baca pemenang Gramedia Reading Community Competition tahun 2016 dan pemenang tahun 2018, lebih kurang 100 penampil didatangkan dari seluruh Indonesia.

Anak-anak pengisi acara GRCC 2018

Penampilan anak-anak multi talenta ini menampilkan pertunjukan membaca, musikalisasi puisi, penampilan teatrikal dan beragam tari dan lagu daerah. Juga ada inspirational sharing dari Kang Maman (penggerak literasi) dan Ibu Nursyida Syam (penggerak literasi klub baca perempuan Lombok utara) yang sedang bangkit setelah terkena dampak gempa baru-baru ini.

Gelaran Gramedia Reading Community Competition 2018 pada puncak acara memberikan penghargaan kepada para juara dari 5 wilayah regional. Kelima daerah dibentuk karena setiap wilayah memiliki tantangan dan karakteristik berbeda sehingga diputuskan tidak ada 1 juara nasional.

Kelima region meliputi :

Regional Sumatera

Juara I Rumah Baca Bakau Deli Serdang, Sumatera Utara. Juara II Rumah Baca Hasan-Savvas Lhokseumawe, Aceh. Juara III Rumah Baca Lembah sibayak Karo, Sumatera Utara. Juara Harapan Rumah Belajar Ceria Palembang, Sumatera selatan.

Regional Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat

Juara I TBM Warabal Parung, Kab. Bogor, Jawa Barat. Juara II TBM Kolong Ciputat, Tangerang Selatan. Juara III Rumah Belajar Saab Shares Cengkareng, Jakarta Barat. Juara Harapan Yayasan Cinta Baca Kota Bogor, Jawa Barat.

Regional Jawa tengah dan DIY Yogyakarta

Juara I TBM Wadas Kelir Purwokerto, Jawa Tengah. Juara II TBM Limbah Pustaka Purbalingga, Jawa Tengah. Juara III TBM Kuncup Mekar Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Juara Harapan TBM Sakila Kerti Tegal, Jawa Tengah.

Regional Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan

Juara I Rumah Literasi Indonesia Banyuwangi, Jawa Timur. Juara II Kampung Batja Jember, Jawa Timur. Juara III Rumah Pelangi Gresik, Jawa Timur. Juara Harapan Gelaran Jambu Kediri, Jawa Timur.

Regional Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, dan  wilayah Indonesia Timur

Juara I Jaringan Relawan Untuk Kemanusiaan (JRUK) Sumba Sumba, NTT. Juara II Komunitas Muda Positif Fakfak (Kompos TIFA) Fakfak, Papua Barat. Juara III Papua HEI Serui, Kab. Kepulauan Yapen, Papua. Juara Harapan Heka Leka Ambon, Maluku.

Selanjutnya para pemenang TBM akan mendapatkan development funding berupa hadiah donasi buku selama 1 tahun. Selain itu mereka juga memiliki kesempatan berkolaborasi dalam acara literasi di wilayah masing-masing bersama Gramedia.

Peluncuran literasinusantara.com

Selain penganugrahan pemenang GRCC 2018, Gramedia juga akan meluncurkan website baru bernama literasinusantara.com situs web untuk mewadahi informasi mengenai literasi seperti artikel, aktivitas, profil komunitas baca/taman baca, forum diskusi dan acara terkait literasi yang diselenggarakan Gramedia. Dalam website tersedia pilihan menu donasi untuk para penggiat literasi, khususnya pemenang GRCC. Beberapa pilihan donasi meliputi Donasi Operasional, Donasi Paket Buku dan donasi untuk kampanye atau acara literasi yang digelar para pemenang.

Gramedia menyadari menumbuhkan literasi baca tidak dapat dilakukan sendiri dan perlu menggandeng komunitas penggiat literasi. Oleh karena itu Awarding Gramedia Reading Community Competition, sebuah kegiatan yang menginisiasi bertema literasi dengan harapan semakin banyak masyarakat yang mencintai kegiatan membaca, menulis, dan menginspirasi satu dengan lainnya melalui sebuah karya. Dengan melakukan kolaborasi bersama dengan penggiat literasi di seluruh Indonesia adalah suatu wujud dalam mendukung pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. (lela; foto tc)

Bagikan :

About admin

Check Also

RENDEZVOUS ACRYLIC WOOL DENGAN BAHAN FAUX LEATHER DAN BATIK CIREBON MERMOTIF WAYANG DI KARYA NINA NUGROHO

Indonesiadaily.co.id-, Karya Nina Nugroho yang ditampilkan di Indonesia Modest Fashion Week 2018 baru-baru ini adalah ...

PERTUMBUHAN PESAT BUMI SERPONG DAMAI MEMBUAT RESTORAN BUMI SAMPERIUN BUKA CABANG KE 2

Indonesiadaily.co.id-, Kota penyangga Jakarta, di kawasan selatan Jakarta yakni Bumi Serpong Damai, Tangerang mengalami pertumbuhan ...

MUSDALUB PERSATUAN ARTIS MUSISI MELAYU DANGDUT INDONESIA DKI JAKARTA SUKSES DIGELAR

Indonesiadaily.co.id-, Dibalik kesuksesan Musyawarah Daerah Persatuan Artis Musisi Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI) DKI Jakarta ada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *