Home / PELANGI / MERAIH REZEKI LIBURAN MENJELANG AKHIR TAHUN

MERAIH REZEKI LIBURAN MENJELANG AKHIR TAHUN

Indonesiadaily.co.id-, Sudah dapat di pastikan bahwa pada musim liburan akhir tahun yang dimulai dari pertengahan Desember 2017, tempat wisata yang berada di wilayah Jakarta, seperti kawasan Monas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kebun Binatang Ragunan, Destinasi Kota Tua, dan Planetarium Taman Ismail Marzuki diserbu pelancong lokal yang berasal dari daerah luar Jakarta, seperti dari Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumateta Barat, juga dari Banten, teristimewa Serang.

Keong Mas TMII

Setiap liburan akhir tahun, saya selalu berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk berkunjung dan melihat Taman Legenda Keong Mas, serta mau menyaksikan atraksi dinosaurus”, ujar Siswati, wisatawan nusantara alias Wisnus asal Pekalongan  ,Jawa Tengah.

Siswati bertutur kepada Indonesiadaily, bahwa dia bersama beberapa temannya satu sekolah yang total berjumlah tujuh siswa Sekolah Menengah Atas, naik bus ke Jakarta dan menginap di rumah salah satu keluarga  mereka. “Menginap di hotel mahal. Liburan tahun lalu teman-teman menginap di rumah saudara saya di Tomang, sekarang giliran menginap dirumah saudara teman. Liburan lalu kami keliling mal, tapi tetap pergi ke Taman Mini”, ucap Siswati.

Buat Siswati berwisata ke TMII untuk menambah khazanah ilmu budaya,  mereka bisa mengenal kebudayaan daerah lain, “Saya jadi tahu tentang Tour de Singkarak, Tugu Khatulistiwa yang melintas kota Pontianak, demikianpun teman-teman merasakan hal itu”, ucapnya.

Taman Mini Indonesia Indah

Ditemui di anjungan Provinsi Bengkulu sembari istirahat dan mendengarkan pentas musik, menjelang akhir tahun seusai hari Natal, Siswati mengeluhkan banyaknya mobil maupun motor di TMII. Juga soal harga makanan minuman yang sangat mahal.

“Jumlah mobil dan motor ribuan, kendaraan berderet, bergerak lambat mencari tempat parkir. Motor berseliweran bagaikan laron. Harga makanan melambung, semangkok bakso yang rasanya pas-pasan dibandrol Rp 20 ribu. Seporsi soto ayam berikut nasi putih dipatok Rp 50 ribu. Air mineral 60 ml, antara Rp 5 sampai 10 ribu rupiah. Alhamdulillah saya dan teman beli di luar Taman Mini sebelum kami ke sini, naik transjakarta”, tutur Siswati.

Pengamatan Indonesiadaily tidak menyangkal bahwa harga makanan minuman melonjak tinggi. Sepiring Ketoprak, makanan yang mirip gado-gado, dihargai Rp 30 ribu. Belum lagi harga air mineral yang bervariasi dengan harga termurah Rp 5 ribu. Soal kemacetan, tidak dihindari, kiranya suatu keniscayaan menjelang liburan akhir tahun.

Merupakaan suatu keniscayaan juga, bahwa para pedagang dan para juru parkir kageten menuai rezeki akhir tahun. Lebih seratus bungkus yang terjual, perbungkusnya saya patok Rp 35 ribu, itu pakai daging rendang, kata pedagang nasi pandang yang tidak mau disebut nama aslinya. Tidak berbeda dengan juru parkir kagetan berkomentar, Ongkos parkir Rp 5 ribu,  jika saya anggap terlalu lama, ongkos Rp 10 ribu.

Direktur TMII

Sulistyo Tirtokusumo Direktur Budaya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kepada Indonesiadaily, memberikan pernyataan melalui telepon genggam, “TMII itu destinasi murah meriah, betul-betul wisata rakyat. Tetapi program budayanya terseleksi, anjungan Jawa Timur, Sumatera Barat dan anjungan Jawa Tengah tergolong aktif. Setiap bulan, program anjungan mereka penuh. Pertunjukan wayang kulit pasti ajeg”, ujarnya.

Mengenai banyaknya mobil dan motor yang memadati TMII pada liburan akhir tahun dinilai hal yang lumrah. Wajar, karena musim liburan dan merayakan tutup tahun dengan pesta kembang api, mereka memilih tempat di TMII.

Tidak diingkari, TMII yang diserbu pelancong lokal, begitu juga Kebun Binatang Ragunan mengalami hal serupa, pengunjung berdesak-desakan untuk melihat hewan yang berada di kandang kebun binatang itu. Sehingga mencuatlah celetukan wisnus yang berlogat kental JawaTimuran, “Mana hewannya sih. Kok kebun binatang ini berisi manusia semua. Binatangnya tidak ada di kandang. Pada berlibur”.

Taman Mini Indonesia Indah

Sungguh, Jakarta menjelang akhir tahun diserbu pelancong lokal. Pastilah obyek wisata seperti TMII, Ancol, kawasan Kota Tua, dan Monas,  juga obyek wisata lain, ramai dipadati wisnus yang ingin merayakan acara tutup tahun dengan pesta kembang api yang warna-warni. Selamat Tahun Baru 2018, berbahagialah Ibukota Republik Indonesia. (snm; foto din)

Bagikan :

About Yayo Sulistyo

Check Also

PERTUMBUHAN PESAT BUMI SERPONG DAMAI MEMBUAT RESTORAN BUMI SAMPERIUN BUKA CABANG KE 2

Indonesiadaily.co.id-, Kota penyangga Jakarta, di kawasan selatan Jakarta yakni Bumi Serpong Damai, Tangerang mengalami pertumbuhan ...

MUSDALUB PERSATUAN ARTIS MUSISI MELAYU DANGDUT INDONESIA DKI JAKARTA SUKSES DIGELAR

Indonesiadaily.co.id-, Dibalik kesuksesan Musyawarah Daerah Persatuan Artis Musisi Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI) DKI Jakarta ada ...

BABAK 20 BESAR DAPATKAN WILD CARD ABI RAFDI SIDRAP JADI JAWARA KDI 2018

Indonesiadaily.co.id-, Sebagai ajang pencarian bakat penyanyi dangdut Kontes Dangdut Indonesia (KDI) hadir tidak hanya sebagai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *