Home / PELANGI / MELALUI SEPEDA NUSANTARA WIRANTO BERSAMA WARGA BANTEN MENGGALI KEBERSAMAAN DAN PERSATUAN

MELALUI SEPEDA NUSANTARA WIRANTO BERSAMA WARGA BANTEN MENGGALI KEBERSAMAAN DAN PERSATUAN

Indonesiadaily.co.id-, Sepeda Nusantara adalah Kegiatan Kementerian Pemuda & Olahraga Republik Indonesia,dan untuk melaksanakan kegiatanya telah membentuk panitia Nasional. Selanjutnya KEMENPORA menunjuk Pemerintah Kabupaten/Kota dan bekerjasama dengan Panitia Nasional untuk membentuk Panitia Pelaksana Daerah, untuk masing-masing spot event. (34 Provinsi / 137 kabupaten/kota). Pemerintah melihat bahwa sepeda ini merupakan cara efektif untuk guyub rukun, kompak, terciptanya kebersamaan dan persatuan dalam bingkai NKRI.

Menko Polhukam Jenderal (Purn) Wiranto

Menko Polhukam Jenderal (Purn) Wiranto mengungkapkan bahwa Sepeda Nusantara memiliki makna yang sangat mendalam serta sesuai dengan amanat presiden yaitu Gerakan Masyarakat Sehat (GEMAS). “Sepeda Nusantara ini berbeda, hal ini membuktikan bahwa ada kebersamaan dan persatuan diantara kita dan ini merupakan hal yang sangat penting melihat banyaknya ancaman saat ini. Kita bersatu merawat persatuan Indonesia”, ujar Wiranto.

Pemerintah daerah. Serang, ibukota Banten, adalah kota yang pertama disambangi, dan sukses menghadirkan ribuan pesepada dari berbagai kalangan, termasuk kehadiran Menkopolhukam Jenderal (Purn) Wiranto, yang membuka acara dengan resmi, dengan mengibarkan bendera digaris start, pada Hari Minggu, 12 Agustus 2018, mulai pukul 06.00 sampai 09.00 wib.

“Olahraga sepeda bersama yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat Serang ibu kota Banten  ini adalah simbol dari persatuan dan kesatuan bangsa. Tatkala ada seorang  yang terjatuh, yang lain harus menolongnya agar tidak ada lagi yang terjatuh”, ujar Jenderal (Purn) Wiranto, saat membuka acara Sepeda Nusantara didampingi segenap staf kementerian, Gubernur Banten beserta jajarannya.

Start sepeda nusantara dimulai dari alun-alun barat Kota Serang, menempuh jarak sekitar 10 km, ke arah carrefour, Ciceri,  kembali lagi ke garis finishz di alun-alun barat Serang. Acara yang terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat Serang, Banten ini dimulai dengan senam bersama dan ditutup dengan pengundian hadiah Sepeda, Motor, serta acara hiburan lainnya.

Menko Polhukam Jenderal (Purn) Wiranto mengangkat bendera start

Gubernur Banten Wahidin Halim dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan Sepeda Nusantara ini merupakan suatu momentum bagi masyarakat Banten untuk menyatukan dirinya dalam kebersamaan dan persatuan dalam rangka pembangunan di Provinsi Banten khususnya dan di Republik Indonesia.

“Antusiasme masyarakat Banten luar biasa, saya berharap dengan Sepeda Nusantara ini dapat membangun Indonesia. Mari kita bekerjasama karena kesatuan NKRI harga mati, saling menjaga kesatuan dan harmonisasi antar masyarakat”, kata Gubernur Wahidin.

Sebagai penggagas acara, mewakili Kemenpora, Raden Isnanta, Deputi 3 Pembudayaan Olahraga, mengatakan bahwa, setelah Banten, kegiatan serupa akan keliling Indonesia, dengan melibatkan kantor kementerian lainnya, yang berada dibawah kabinet Kerja Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Isnanta mengatakan bahwa melalui tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018 ini harus lebih menggelorakan hebatnya Indonesia dalam hal pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia serta menyampaikan pesan-pesan moral Ayo Olahraga, sehingga semakin banyak orang mengagumi keindahan Indonesia, akan semakin kuat bangsa ini.

Suasana Acara Sepeda Nusantara di Serang, Banten

“Setidaknya ada 70 kota yang akan disambangi Sepeda Nusantara agar kegembiraan masyarakat melalui naik sepeda beraama, diarasakan oleh seluruh masyarakat ditanah air”, pungkas Isnanta, yang turut melepas para peserta didepan Pintu Gerbang Alun-Alun Barat Serang. (nia; foto dok)

 

Bagikan :

About Yayo Sulistyo

Check Also

CIREBON KOTA KE 2 SAKSI BUDAYA, MUSIK, DAN JIWA BERPADU DALAM SAMUCCAYA ROADSHOW TO MAHANDINI

Indonesiadaily.co.id-, Kota Cirebon sebagai kota kedua menjadi saksi sebuah Budaya, Musik, dan Jiwa yang berpadu ...

PURWOKERTO KOTA PEMBUKA KONSER SAMUCCAYA ROADSHOW TO MAHANDINI DIGELAR SUKSES

Indonesiadaily.co.id-, “Nggak sabar, begitu dengar Budjana gelar konser di Purwokerto. Aku langsung beli tiket, karena ...

GUNAKAN TEKNOLOGI KEKINIAN TEATER IMAX KEONG MAS INCAR GENERASI MILENIAL

Indonesiadaily.co.id-, Teater IMAX Keong Emas adalah satu wahana rekreasi dengan konsep Edutainment (edukasi dan entertainment) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *