Home / PELANGI / MASYARAKAT SAMBUT ANTUSIAS JAKARTA MUSEUM MARATHON SMART RACE 2019

MASYARAKAT SAMBUT ANTUSIAS JAKARTA MUSEUM MARATHON SMART RACE 2019

Indonesiadaily.co.id-, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta menggelar Jakarta Museum Marathon Smart Race 2019 pada 3-4 Agustus untuk lebih memperkenalkan destinasi wisata dan mendongkrak jumlah wisatawan berkunjung di ibukota. Dan ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat, terbukti, selama dibuka pendaftaran dari 5-8 Juli 2019 lalu, masyarakat yang mendaftar ikut dalam event ini mencapai 1.559 orang.

Hari Wibowo dan Dila Dil

“Antusiasme masyarakat cukup tinggi, tapi karena keterbatasan slot, kita batasi sesuai dengan slot yang ada”, kata Hari Wibowo Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Disparbud DKI Jakarta

Dari jumlah tersebut terpilih 430 peserta (215 grup) yang akan terbagi ke dalam lima kategori. Rinciannya, 30 peserta (15 group) kategori Jelajah Museum, 100 peserta (50 grup) kategori DUO Family, 130 peserta (65 grup) kategori DUO Umum, 100 peserta (50 grup) kategori DUO Komunitas, dan 70 peserta (35 grup) kategori DUO Kostum Unik.

“Nggak cuma datang dari Jakarta dan seputaran Jakarta saja, Jakarta Museum Marathon Smart Race 2019 ternyata juga didatangi oleh sejumlah peserta dari Bali, Banjarmasin, Solo, Yogyakarta, Mojokerto, Bekasi, Bandung dan juga dari Balikpapan. Hal ini membuktikan bahwa ternyata animo masyarakat untuk mengenal museum di Jakarta yang dirancang dalam bentuk Marathon yang Fun dan Edukatif, masih cukup tinggi”, ungkap Dilla Dil, Manager Event JMMSR 2019, didampingi Hari Wibowo, Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran, Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta.

Dilla Dil, Manager Event JMMSR 2019

Bahkan, lanjut Dilla Dil dari 1.559 masyarakat yang mendaftar, terpaksa harus diseleksi hingga terpilih 430 peserta (215 group), yang terdiri dari 30 peserta (15 group) Kategori Jelajah Museum, 100 peserta (50 group) Kategori DUO Family, 130 peserta (65 group) Kategori DUO Umum, 100 peserta (50 group) Kategori DUO Komunitas dan 70 peserta (35 group) Kategori DUO Kostum Unik.

Sabtu, 3 Agustus 2019, 30 peserta Jelajah Museum yang terbagi kedalam 15 group akan menjelajahi banyak museum yang ada di Jakarta dalam waktu satu hari menggunanakan transportasi yang telah disiapkan yaitu Trans Jakarta dan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Terdapat 15 influencer, selebgram yang turut memeriahkan kegiatan ini dengan mendampingi masing-masing group di beberapa POS Jelajah Museum, mereka adalah Jenda Munthe, Achmad Nugroho (silolox), Risma Wulandari, Oki Rengga, Ricky Irwansyah, Nurfajri Azmi, Malvino, Reza Aditya, Iman Ricky, Gita Natalia, Chintya Wijaya, Riedhan Fajarsyah, Iqbal Himawan, Sarah Rizkia Tunnisa, Ery Makmur.

Panitia Jakarta Museum Marathon

Perlombaan ini akan dimulai dari Museum Layang-layang dan berakhir di Kota Tua, para peserta ini nantinya harus menyelesaikan tantangan yang diberikan disetiap museum yang mereka kunjungi. Tak hanya itu peserta pun diwajibkan untuk mempublikasikan seluruh kegiatan selama perjalanan di sosiaI media Instagram mereka yaitu berupacerita atau Statygram, tujuannya adalah untuk mengangkat transportasi publik di Jakarta dan juga sebagai bahan penilaian untuk menentukan peserta yang berhasil menyelesaikan seluruh tantangan dan melaksanakan kewajiban akan mendapatkan hadiah uang tunai.

Minggu, 4 Agustus 2019, peserta Kategori Duo akan melakukan perlombaan secara berkelompok yaitu 2 orang/kelompok. Peserta akan mengunjungi Museum-museum yang terletak di Kawasan Kota Tua dimulai dari Museum Wayang menuju Museum Bahari, kemudian Museum Seni Rupa 8L Keramik dan berakhir di Museum Sejarah Jakarta. Akan ada penilaian khusus bagi mereka yang berhasil menyelesaikan seluruh misi, dan menjadi pemenang serta mendapatkan hadiah uang tunai senilai puluhan juta rupiah untuk masing-masing kategori DUO.

Kemeriahan puncak acara JMM SMART Race ini akan terpusat di Taman Fatahillah, Kota Tua Jakarta pada hari Minggu 4 Agustus 2019 dengan menghadirkan panggung hiburan yang menampilkan musik dan tarian tradisional Jakarta, band dan penyanyi ibukota.

Panitia Jakarta Museum Marathon

“Harapan saya agar acara JMM Smart Race 2019 ini dapat terselenggara dengan sukses dan yang terpenting adalah tujuan untuk mempromosikan wisata sejarah dapat tersampaikan sehingga dapat museum di Jakarta akan menjadi destinasi utama bagi wisatawan”, pungkas Hari Wibowo. (lela; foto tc)

 

 

Bagikan :

About admin

Check Also

68 PELAJAR SMA DIKUKUHKAN PRESIDEN JOKOWI MENJADI ANGGOTA PASKIBRAKA 2019 DI ISTANA NEGARA

Indonesiadaily.co.id-, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengukuhkan 68 pelajar SMA ...

MENDUKUNG DIGITALISASI SPBU PERTAMINA EZEELINK LUNCURKAN E-VOUCHER PERTAMINA

Indonesiadaily.co.id-, Jalinan kerjasama antara Ezeelink dengan PT. Pertamina Retail dalam menghadirkan e-voucher Pertamina adalah untuk ...

EMPOWERING BLOCKCHAIN SUMMIT 2019 JAKARTA AKAN RUMUSKAN MASA DEPAN INDUSTRI BLOCKCHAIN

Indonesiadaily.co.id-, Teknologi blockchain bukan hanya terkait dengan mata uang, tapi kini sudah bisa diaplikasikan pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *