Home / PELANGI / LIGA DANGDUT, SENI MENYATUKAN KOMPONEN BANGSA

LIGA DANGDUT, SENI MENYATUKAN KOMPONEN BANGSA

Indonesiadaily.co.id-, Sepertinya ajang pencarian bakat dibidang musik dangdut masih mendapat perhatian dari masyarakat. Terbukti rating sharenya masih tinggi, dengan alasan itulah Harsiwi Achmad selaku Direktur Program Indosiar menggagas event musik dangdut yang lebih luas dan besar sehingga diharapkan tidak membosankan pemirsanya. Setelah D Academy memasuki episode 4 dirasa cukup, maka Indosiar langsung menghentikan, dan menggantikan dengan Liga Dangdut Indonesia.

Harsiwi Achmad

“Kami ingin kontes dangdut yang lebih besar, makanya kami menggelar audisi di 34 Provinsi di Indonesia. Jadi wajar dong kalau Musium Rekor Indonesia mengganugerahi Indosiar dengan Penghargaan Muri sebagai ajang kontes dangdut terbesar tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia”, ujar Harsiwi Achmad saat jumpa pers jelang Liga Dangdut di kantor Indosiar di Senayan City, Jakarta Pusat baru-baru ini.

Karena Liga, maka cakupannya lebih luas dan besar maka hadiahnya pun makin menggiurkan yakni total Rp.  1 miliar. Liga Dangdut Indonesia, langsung akan memperkenalkan 170 peserta, perwakilan dari 34 provinsi dalam konser ‘Selamat Datang Liga Dangdut Indonesia’ yang disiarkan Indosiar secara langsung malam ini, Senin (15/1), mulai pukul 19.00 WIB.

Ada sesuatu yang membuat Indonesiadaily angkat topi alias salut, sebelum dimulainya kontes Liga Dangdut. Semua yang terlibat di Liga Dangdut disumpah, semua dimaksudkan untuk menjaga kenetralan para dewan juri, host, grup dangdut pengiring,  koreografer, dan pelatih vocal.

“Kami berharap mereka yang terlibat bisa netral, soal penjurian, musik pengiring, koreografer, dan pelatih vocal. Jadi hasil Liga Dangdut bisa dipertanggung jawabkan hasilnya”, tegas Harsiwi Achmad saat di via ponselnya.

Elvy Sukaesih dan Harsiwi Achmad Liga Dangdut Indonesia

“Saya Elvy Sukaesih asal Jakarta, saya akan meletakkan identas saya sebagai warga Jakarta, sebagai dewan dangdut saya akan bertindak adil dan tidak berpihak pada siapapun. Karena saya Indonesia”, janji Elvy Sukaesih saat dimulainya Liga Dangdut Indonesia yang disiarkan langsung Senin malam (15/1).

Sejak Pilkada DKI 2017 lalu, persatuan dan kesatuan bangsa ini sedikit terkoyak. Maka Indosiar merasa perlu untuk merekatkan kembali. “Inilah salah satunya yang mendorong kita menggunakan tagline ‘Seni Menyatukan’. Bila yang lain memecah belah, maka melalui seni, khususnya melalui musik dangdut, kita menyatukan semua komponen bangsa”, ujar Harsiwi.

Disadari betul mengelola keberadaan Indonesia tidak mudah. Berbagai macam perbedaan dapat membuat masyarakat tercerai-berai. Maka melalui kemasan acara ‘Liga Dangdut Indonesia’ masyarakat diharapkan semakin menyadari betapa kayanya Indonesia.

“Tidak hanya menampilkan duta-duta dangdut dari berbagai provinsi di Indonesia, tapi kita akan makin tahu betapa kayanya Indonesia, betapa indahnya Indonesia, insya Allah kita akan semakin mencintai Indonesia,” harap Harsiwi.

Selain menampilkan para duta dangdut dari berbagai provinsi ‘Liga Dangdut Indonesia’ juga menampilkan berbagai potensi budaya dari masing-masing provinsi. Ragam budaya tersebut meliputi, adat tradisi, pakaian, makanan, karya seni, dan pesona daerah. Setiap penayangan selalu menampilkan cita rasa berbeda yang merepresentasikan kedaerahan masing-masing.

“Liga Dangdut Indonesia adalah sesuatu yang baru. Kita benar-benar pikirkan, bahwa sebenarnya musik dangdut hanyalah sebagai sarana, bagaimana kita dapat lebih mengenalkan potensi adat dan budaya, dari satu provinsi ke provinsi yang lain. Saya kira ini jauh lebih bermakna. Mempunyai pesan kuat tentang Bhinneka Tunggal Ika. Lebih menyatukan Indonesia, untuk saling mengenal satu sama lain”, ujar Harsiwi.

Liga Dangdut Indonesia

Layaknya kontes pencarian bakat, seperti Dangdut Academy Asia 1 sampai 4 yang pernah digelar Indosiar,  ‘Liga Dangdut Indonesia’ juga menghadirkan juri yang disebut Dewan Dangdut dan para komentator. Mereka antara lain, Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto, Iyeth Bustami, Inul Daratista, Soimah, Nassar, Zaskia Gotik, dan Samuel Wattimena.

Sebagaimana halnya ajang kuantiti kontes ‘Liga Dangdut Indonesia’ juga melibatkan pemirsa untuk member dukungan kepada peserta idolanya melalui pesan SMS. Acara ini dipandu beberapa presenter kondang, antara lain Ramzi, Irvan Hakim, Gilang Dirga, Ari Kriting, dan Upiak Isil.

“Kami harapkan Liga Dangdut Indonesia bisa menghibur masyarakat Indonesia yang mulai dipanaskan dengan suhu Pilkada yang mulai memanas”, pungkas Harsiwi Achmad. (tb; foto sb)

Bagikan :

About Yayo Sulistyo

Check Also

JCI GANDENG MISS GRAND INDONESIA AJAK JAGA PERDAMAIAN DEMI PERSATUAN BANGSA

Indonesiadaily.co.id-, Junior Chamber International (JCI) Indonesia, sebuah  organisasi nasional pemuda non-politik dan non-sektarian, telah sukses ...

RRI SIAP GELAR GRAND FINAL LOMBA CIPTA LAGU POP DAERAH NUSANTARA KE 6

Indonesiadaily.co.id-, Dalam upayanya melestarikan dan mengembangkan lagu-lagu daerah. LPP Radio Republik Indonesia dengan Panitia Lomba ...

JUJUR KEPADA DIRI SENDIRI ADALAH SALAH SATU MODAL UNTUK MERAIH MIMPI

Indonesiadaily.co.id-, Kegiatan Road to Campus with Rosianna Silalahi dan PT. Robagus Kreasi yang berawal dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *