Home / PELANGI / JUMLAH PENONTON FILM INDONESIA TAHUN 2017 MENINGKAT TAJAM

JUMLAH PENONTON FILM INDONESIA TAHUN 2017 MENINGKAT TAJAM

Indonesiadaily.co.id-, Seiring meningkatnya kualitas film Indonesia membuat masyarakat makin gandrung dengan film buatan anak negeri. Terbuki peningkatan jumlah penonton, untuk  tahun 2017 penonton film Indonesia menembus 40.188.947 penonton. Padahal tahun sebelumnya hanya berkisar 27 juta. Kemudian tahun 2016 hanya 16 juta. Jadi naiknya tiga kali lipat dibandingkan raihan penonton pada tahun ini. Film Indonesia yang beredar tahun 2017 sekitar 117 lebih.

Djoni Syafrudin Ketua umum  Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI)

“Tahun 2017, penontonnya membludag, 40.188.947 penonton, ini perhitungan saya dari bioskop ke bioskop secara keseluruhan, tidak hanya dari bioskop 21, tapi bioskop secara keseluruhan. Ini khusus film Indonesia. Film Indonesia yang beredar tahun 2017 sekitar 117 lebih”, kata Djoni Syafrudin Ketua umum  Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) saat menggelar Jumpa Pers awal tahun 2018 di rumah makan Ayam  Suharti Menteng, Jakarta Pusat (3/1/).

Djoni menambahkan, pada tahun lalu 27 juta. Tahun sebelumnya lagi, 16 juta. “Jadi naiknya tiga kali lipat daripada 2017,” terangnya.

Menurut  Djoni pada hari Rabu 3 Januari 2018, “Film Ayat-Ayat Cinta 2 sekitar 289 layar, film Surat Cinta untuk Starla, 269 layar, film Susah Sinyal, 261 layar, dan film animas Si Juki, 249 layar. Rekor sepanjang masa 1068 dari 1500 layar diisi empat film Indonesia”, ungkapnya bangga.

Djoni Syafrudin Ketua umum  Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI)

Djoni menyampaikan, film terlaris 2017 di dunia dan AS film Star Wars 8 meraup $533 juta di AS. “Tapi film legendaris itu kurang berhasil di sini, minus $5 juta, sekitar 1,4 juta penonton”, bebernya.

“Film Indonesia semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat, terlebih lagi di daerah-daerah”, ungkapnya lagi semakin menunjukkan kebangkitan film Indonesia.

Grafik penonton film Indonesia yang menurut Yan melesat pesat pada 2017 lalu diharapkan akan lebih banyak lagi pada 2018. “Semoga 2018 meraih 50 juta penonton”.

Dengan meningkatnya jumlah layar bioskop  pada tahun 2018 diharapkan jumlah penonton Indonesia bisa terus meningkat di masa  depan. “Minggu ini saja film Indonesia menguasai layar di bioskop hampir  seluruh  Indonesia.  Ini membuktikan kalau film Indonesia mulai  diburu penikmat film Indonesia.  Kami  berharap produser film bisa  terus meningkatkan kualitas film produksinya sehingga trend positif ini bisa terus dijaga”, tandas Djonie Syafrudin.

Bioskop Indonesia

Susunan pengurus GPBSI periode 2017-2022 sebagai berikut:

H. Djonny Syafruddin, SH sebagai Ketua Umum GBSI 2017-2022. Kemudian, Suprayitno (Ketua Bidang Hubungan Kelembagaan), Yuniarto Eka Brata (Ketua Bidang Hubungan Antar Bioskop), Jimmy Herjanto (Ketua Bidang Bina Usaha), Noorca M. Massardi (Ketua Bidang Kehumasan), Dr. Edison Nainggolan (Ketua Bidang Organisasi dan Hukum), Ali Sastro (Sekretaris Umum), Toto Soegriwo (Sekretaris). Jimmy Herjanto Darmasasmita (Bendahara Umum), dan Koesuma Mintha Wardani sebagai Bendahara. (tb; foto sb )

Bagikan :

About Yayo Sulistyo

Check Also

KEHADIRAN BIOSKOP INDEPENDENT MENGGESER MONOPOLI LAYAR

Indonesiadaily.co.id-, Hampir seratus tujuh belas tahun keberadaan bioskop di Indonesia. Hal ini terhitung sejak adanya ...

JAZZ ON THE BRIDGE TAHAP AKHIR SEBUAH AWAL GELARAN JAZZ INTERNASIONAL KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Indonesiadaily.co.id-, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tengah menggenjot pemasukan pendapatan daerahnya dari  sektor  wisata. Pembangunan infrastruktur terus dikebut, ...

RAGAM PERAYAAN NATAL DI INDONESIA

Indonesiadaily.co.id-, Di belahan bumi ini, dan berbagai negara, tidak terkecuali di Indonesia, ucapan selamat Natal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *