Home / PELANGI / FPK DKI JAKARTA AUDIENSI WAKIL KETUA BPK RI UPAYA MENDUKUNG PEMBANGUNAN TATA KELOLA PEMPROV DKI JAKARTA YANG BAIK

FPK DKI JAKARTA AUDIENSI WAKIL KETUA BPK RI UPAYA MENDUKUNG PEMBANGUNAN TATA KELOLA PEMPROV DKI JAKARTA YANG BAIK

Indonesiadaily.co.id-, Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) DKI Jakarta melakukan audiensi dengan Wakil Ketua BPK RI , Prof.Dr.H.Bahrullah Akbar, MBA, sebagai bagian upaya mendukung pembangunan tata kelola Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang baik (good government). Audiensi dilaksanakan pada hari Jum’at, 12 Juli 2019.

Ketua FPK DKI Jakarata dan Wakil Ketua BPK

“Saya mengucapkan banyak terimakasih atas di terimanya kami untuk audiensi, tujuan dari audiensi ini untuk lebih memahami sistem pengelolaan keuangan negara yang bersih, transparan, dan bertanggung jawab. Dan juga memberikan Apresiasi kepada BPK Sebagai lembaga negara Yang independen bebas dan mandiri atas kinerjanya dalam penegakan Pengelolaan keuangan Negara”, jelas Ketua FPK DKI Jakarta, H. Zamakh Sari HM, SH. MH, kepada awak media setelah audiensi dengan BPK baru-baru ini.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Ketua FPK DKI Jakarta, Wakil Ketua BPK saat audiensi mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada FPK DKI Jakarta, dan menjelaskan bahwa BPK berdiri sejajar dengan Lembaga Kepresidenan dan DPR.

Ditambahkan oleh H. Zamakh Sari bahwa FPK DKI Jakarta  akan turut memperkukuh ketahanan nasional dan bagi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Ini sejalan dengan visi dan misi Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, yakni  Kota Jakarta maju lestari dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua. Dan menjadikan Jakarta ibukota yang dinamis sebagai simbol kemajuan Indonesia yang bercirikan keadilan, kebangsaan dan kebhinnekaan.

Peran FPK DKI Jakarta sangat penting bagi kesuksesan pembangunan di DKI Jakarta karena pembauran kebangsaan secara luas bermakna adanya suasana persaudaraan dan kebersamaan antar semua suku agama dan ras. Membangunan kerukunan nasional dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Ketua FPK DKI Jakarta H. Zamakh Sari dan jajaran bersama Wakil Ketua BPK

“Persoalan bangsa yang besar dan semakin berat ini hanya mungkin diatasi apabila masyarakat termasuk para Ketua dan anggota FPK dan jajaran Dewan Pembina memiliki kesadaran bersama dalam membangun satu bangsa. Bersatu dalam mengatasi berbagai persoalan pembangunan nasional hanya dengan persatuan itulah kita dapat tegak dan berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi serta kepribadian dan berkebudayaan”, jelas H. Zamakh Sari.

Perlu diketahui, dasar hukum pembentukan FPK adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 tahun 2006 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah dan Pergub No.5 tahun 2013 tentang Pedoman Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Forum Pembauran Kebangsaan (FPK). Dan Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi DKI Jakarta dibentuk berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi Jakarta Nomor 641 tahun 2016, yang telah dilakukan perubahan dengan Keputusan Gubernur 12 69 tahun 2017 tentang Pengukuhan Anggota FPK DKI Jakarta periode 2016 – 2021.

“Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Dki Jakarta yang merupakan Wadah berhimpun keterwakilan etnis, suku, dan ras Keterwakilan dari 34 Provinsi di Indonesia, serta Etnis Tionghoa, Arab, dan India sebagai garda terdepan. FPK menyatakan siap mensosialisasikan peran, tugas, dan kewajiban BPK”, kata H. Zamakh Sari saat Audiensi tersebut.

Harmonisasi kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan aset bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dipertahankan terus. Keanekaragaman etnis, budaya, agama, bahasa hingga adat istiadat juga merupakan kekayaan bangsa Indonesia.

Forum Pembauran Kebangsaan DKI Jakarta

Dengan demikian, semangat kebangsaan adalah bagian dari wawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara serta Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 merupakan pendorong dan motivasi dalam mengisi kemerdekaan atau pembangunan guna mempertahankan tegaknya atau kelangsungan NKRI.

“Jadi seluruh perbedaan di negeri ini harus disatukan oleh Rasa Kebangsaan, Oleh Cinta Tanah Air, Cinta Indonesia,” pungkas H. Zamakh Sari. (lela; foto ist)

Bagikan :

About admin

Check Also

68 PELAJAR SMA DIKUKUHKAN PRESIDEN JOKOWI MENJADI ANGGOTA PASKIBRAKA 2019 DI ISTANA NEGARA

Indonesiadaily.co.id-, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengukuhkan 68 pelajar SMA ...

MENDUKUNG DIGITALISASI SPBU PERTAMINA EZEELINK LUNCURKAN E-VOUCHER PERTAMINA

Indonesiadaily.co.id-, Jalinan kerjasama antara Ezeelink dengan PT. Pertamina Retail dalam menghadirkan e-voucher Pertamina adalah untuk ...

EMPOWERING BLOCKCHAIN SUMMIT 2019 JAKARTA AKAN RUMUSKAN MASA DEPAN INDUSTRI BLOCKCHAIN

Indonesiadaily.co.id-, Teknologi blockchain bukan hanya terkait dengan mata uang, tapi kini sudah bisa diaplikasikan pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *