Home / PELANGI / EMPAT BANDARA ALTERNATIF SIAP TAMPUNG PESAWAT DELEGASI IMF WORLD BANK ANNUAL MEETINGS 2018

EMPAT BANDARA ALTERNATIF SIAP TAMPUNG PESAWAT DELEGASI IMF WORLD BANK ANNUAL MEETINGS 2018

Indonesiadaily.co.id-, Bagi Kementerian Pariwisata Republik Indonesia tahun 2018 terdapat dua event unggulan sebagai multi event, yaitu Asian Games di Jakarta dan Palembang pada bulan Agustus 2018 dan IMF World Bank Annual Meetings 2018 yang digelar Oktober 2018 di Bali. Persiapan kedua event tersebut sudah dilakukan sejak awal, bahkan event IMF World Bank Annual Meetings yang sesungguhnya masih lama disbanding event Asian Games justru dipersiapkan secara lebih  rinci,  alih-alih menyangkut masalah lahan parkir pesawat untuk delegasi berjumlah 15.000 dari 189 negara.

IMF World Bank Annual Meetings 2018

Event IMF World Bank Annual Meetings 2018 merupakan pertemuan besar MICE, Meeting, Incentif, Convention, and Exhibition/Event yang delegasinya terdiri dari para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Mereka ini tentu sebagai endoser sangat kuat dan momentum besar untuk mempromosikan Bali, Bali and Beyond dan Wonderful Indonesia.

Maka untuk hal ini Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan industri pariwisata dan dinas pariwisata daerah untuk menyiapkan 60 paket wisata sekaligus mempromosikan destinasi Bali dan 6 destinasi sebagai beyond  yakni Lombok, Komodo, Yogyakarta, Tana Toraja, Danau Toba, dan Banyuwangi. Paket wisata ini dilaksanakan saat pree on dan past event.

Pada satu sisi, untuk menyambut IMF World Bank Annual. Meetings 2018 pihak Kementerian Perhubungan Republik Indonesia memastikan empat bandara yang siap menampung parkir pesawat yang membawa15.000 delegasi ke Bali. Adapun bandara alternatif itu ialah Lombok International Airport, Juanda Surabaya, Hasanuddin International Airport Makassar, dan Sepinggan Airport Balikpapan.

IMF World Bank Annual Meetings 2018

“Semua sudah siap. Tidak ada masalah”, kata Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi kepada awak media di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Budi Karya, sangat diperlukan sekali bandara alternatif, mengingat Bandara Internasional Ngurah Rai terbatas. Apron Ngurah Rai bakal penuh lantaran jumlah delegasi yang datang sangat banyak.

“SOP-nya para kepala negara itu akan landing di Ngurah Rai. Tapi karena kapasitas apron terbatas, nantinya setelah landing pesawat yang membawa delegasi akan parkir di beberapa bandara lain yang sudah disiapkan”, ujar Budi Karya.

Sementara PT. Angkasa Pura I (Persero) tidak tinggal diam, rencana matang pun sedang digidok. Salah satunya rencana reklamasi guna memperluas parking stand dan area apron. Sehingga jumlah pesawat terpakir bisa ditambah saat gelaran IMF World Bank Annual Meetings 2018. Dan tidak tanggung-tanggung dana sebesar  Rp 1,7 miliar siap digelontorkan Angkasa Pura I untuk perluasan tersebut.

“Dalam waktu bersamaan akan ada puluhan ribu delegasi dan wisatawan mancanegara baru yang masuk ke Bali. Tidak semua bisa tertampung dan parkir di Bali. Untuk mempermudah pergerakan pesawat, maka perluasan parking stand dan area apron harus dilakukan”, kata General Manager Angkasa Pura I Bandara  I Gusti Ngurah Rai,  Yunus Suprayogi kepada Indonesiadaily  beberapa waktu lalu.

IMF World Bank Annual Meetings 2018

Jelaslah event International Monetary Fund World Bank Annual Meetings 2018 adalah peristiwa besar yang tidak bisa dipandang sebelah mata terhadap kinerja pemangku kepentingan. “Inilah saatnya untuk lebih mempopulerkan destinasi-destinasi di Indonesia kepada dunia,  terlebih lagi delegasi dan undangan yang tidak lain tokoh top eksekutif. Dampak dari event itu berganda dan nilai ekonomi yang dihasilkan juga relatif besar”, ucap Menteri Pariwisata Republik Indonesia kepada awak media di Jakarta  akhir Januari 2018. (snm; foto dok)

Bagikan :

About Yayo Sulistyo

Check Also

ULANG TAHUN ANTV KE 25 DIHELAT DI JAKARTA DAN SURABAYA

Indonesiadaily.co.id-, Tidak terasa usia stasiun televisi ANTV sudah genap berusia 25 tahun.  Jatuh bangun sudah ...

ANNA MARIANA SUKSES DI PANGGUNG “DC FASHION WEEK”

Indonesiadaily.co.id,- DC Fashion Week, Ajang peragaan busana bergengsi di Washington DC pada 25 Februari 2018 lalu, ...

MENGINJAK USIA 3 IDPFEST MULAI MENDAPAT PERHATIAN MASYARAKAT LUAS

Indonesiadaily.co.id-, Untuk ketiga kalinya Indonesia Drum & Perkusi Festival (IDPFest) tahun ini kembali digelar. Gelaran para ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *