Home / PELANGI / DESA CIDATAR KABUPATEN GARUT MENJADI PILOT PROJECT KE 2 CSR PROGRAM INDONESIA TERANG PJU TENAGA SURYA LPCI

DESA CIDATAR KABUPATEN GARUT MENJADI PILOT PROJECT KE 2 CSR PROGRAM INDONESIA TERANG PJU TENAGA SURYA LPCI

Indonesiadaily.co.id-, Desa Cidatar, Kecamatan Cisurupan,  Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat menjadi daerah kedua Pilot Project Corporate Social Responsibility (CSR) ke 2 Program Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) Lembaga Pengembangan CSR Indonesia (LPCI), ditandai dengan Peletakan Batu Pertama Program Indonesia Terang Tenaga Surya baru baru ini.

Ketua Umum LPCI Teten Indra bersama Pejabat Polhukam dan Staff Ahli Bupati Garut

“Pilot Project Program PJUTS LPCI terealisasi berkerjasama dengan para Asosiasi serta mitra Asosiasi dalam mengembangkan CSR nya. Inilah potensi yang besar dari CSR swasta untuk membangun masyarakat di seluruh Indonesia”, ungkap Teten Indra, Ketua Umum LPCI.

Corporate Social Responsibility (CSR) ini mempunyai tanggung jawab sosial terhadap masyarakat, bangsa, dan negara. Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu asset bangsa yang harus dioptimalkan dan didorong bersama-sama demi kemakmuran, kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, Corporate Social Responsibility (CSR) sudah menjadi konvensi dunia, kesepakatan dunia, tambah Teten, sudah bukan lagi menjadi regulasi secara nasional, sudah menjadi regulasi internasional dimana suatu corporate yang beroperasi di suatu tempat wajib hukumnya memberikan satu tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

“Dan sudah 8 tahun sejak diundang-undangkan belum ada match maker CSR yang secara terintigrate. Maka bisa kita lihat CSR-CSR yang berjalan saat ini, itu berjalan masing-masing dan tidak terintigrate, tidak terkoordinasi, dan tidak terimplementasi serta kurang transparasinya. Maka dari itu, LPCI bersama tim akademisi di Jakarta, Solo, Yogyakarta bersepakat, mengoptimalkan asset bangsa ini yang belum tersentuh untuk membangun bangsa ini”, tegas Teten Indra Abdillah.

Hadir dalam Pilot Project Program Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) Lembaga Pengembangan CSR Indonesia (LPCI), Perwakilan Kemenko Polhukam RI, Kolonel Gathot ( Satgas Saber Pungli Polhukam); Ketua Umum LPCI Teten Indra Abdillah, Perwakilan Bupati Garut oleh Staff Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan,  Ir. Suhartono; Kepala Desa Cidatar Amun Sunjana; Danramil Cisurupan Kapten Inf. Acum Suparman; Kapolsek Cisurupan AKP Drs. Surya Effendi; para Ketua Umum Asosiasi dibawah LPCI serta para mitra asosiasi.

Suhartono Staff Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan mewakili bupati Garut menjelaskan bahwa kabupaten Garut pada tahun 2011 dari 421 desa masih ada 137 desa yang masih dinyatakan sebagai desa tertinggal. Sehingga kriteria kabupaten Garut pada tahun 2011 ditetapkan sebagai kabupaten tertinggal yaitu dengan SK Kementerian PDT dengan satu kabupaten yang ada di Jawa Barat, yaitu kabupaten Sukabumi. Tetapi setelah bersama dengan semua unsur masyarakat melakukakn pembangunan di segala bidang, pada tahun 2015 kabupaten Garut dinyatakan bukan sebagai daerah tertingal lagi. Namun demikian tentu peninggalan-peninggalan di daerah tertinggal itu masih ada, yaitu terutama dari aspek kemiskinan. Kabupaten Garut ini menduduki rangking bawah mengenai kemiskinan.

Peletakan Batu Pertama Program Indonesia Terang

Jika dihitung dari Indek Pembangunan Manusia (IPM) maka kabupaten Garut masih menduduki urutan 25 dari 27 kabupaten kota. Namun bila dilihat dari tata kelola pemerintahan, kabupaten Garut 3 tahun berturut-turut dari sisi pengelolaan uang daerah sudah mendapatkan Opini Pemeriksaan dari PPK Wajar Tanpa Pengecualian.

“Dari sisi laporan penyelenggaraan pemerintah daerah, kabupaten Garut mendapat rangking ke 2 setelah kota Bandung mendapatkan nilai PB. Dari sisi pelayanan publik kabupaten Garut termasuk juara nasional yaitu penghargaan dari Ombusmand, tetapi dari sisi penanganan kemiskinan mungkin perlu partisipasi dari semua pihak. Yaitu contohnya kegiatan pada hari ini dengan adanya suatu kegiatan prasarana penerangan dan juga ada prasarana infrastruktur, ini menurut kami sangat membantu kami. Mungkin ini yang disebut konsep pembangunan good goverment yang melibatkan 3 pilar yaitu pemerintah, swasta, dan masyarakat sekitar ini, termasuk juga LPCI”, ujar Suhartono.

Pada kesempatan itu Kolonel Gathot dari Satgas Saber Pungli Polhukam selaku perwakilan dari Kemenko Polhukam memberikan arahan agar masyarakat desa Cidatar untuk turut berperan serta menjaga project PJUTS ini, “Jadi mohon masyarakat desa Cidatar turut menjaga, jangan hanya membebankan keamanan PJUTS dari dana CSR ini hanya kepada aparat keamanan (polisi& koramil) yang terbatas jumlahnya. Karena harga PJUTS sangat mahal. Saya menghimbau masyarakat dapat menjaga dan merawatnya”, katanya.

Sementara Kepala Desa Cidatar, Amun Sujana mengatas namakan pemerintah desa Cidatar bersama para warga masyarakat mengucapkan alhamdulillah dan i sangat atas hadirnya PJUTS CSR dari LPCI, mudah-mudahan kedepannya lebih digelontorkan lagi yang lebih besar CSR nya.

Ketua Umum GAPPENAS Dede Koswara bersama Ketua Umum LPCI dan Pejabata Polhukam

Sedangkan Ketua Umum Gappenas Dede Koswara mengatakan “Dengan terang desa terang pula kehidupan, jauh dari kejahatan, meningkat kesejahteraan. Pembangunan menyentuh sampai desa, menerangi desa dengan harapan daerah daerah lain di seluruh Indonesia bisa kita bangun penerangannya. Hadirnya PJUTS bagi masyarakat Garut dapat termotivasi untuk terus bangkit dan terus berupaya mewujudkan tatanan masyarakat yang lebih baik lagi dan lebih sejahtera”, pungkasnya. (lela; foto tc)

Bagikan :

About admin

Check Also

YAYASAN MISS INDONESIA AKAN MENGGELAR AJANG PEMILIHAN MISS INDONESIA KE 15

Indonesiadaily.co.id-, Salah satu ajang talenscout dibidang kecantikan yang terdepan yang dimiliki MNC Media, Miss Indonesia ...

PEKERJA FARMASI SUARAKAN ASPIRASI POLITIK MELALUI ALIANSI APOTEKER PENDUKUNG PRABOWO SANDI

Indonesiadaily.co.id-, Baru-baru ini para pekerja apoteker yang berhimpun dalam Aliansi Apoteker Pendukung Prabowo Sandi (AAPPI) ...

CONCERT WISDOM DIGELAR KERUKUNAN KELUARGA KAWANUA SEMARAKKAN NATAL & TAHUN BARU

Indonesiadaily.co.id-, Dalam rangka merayakan Natal dan Tahun Baru 2019, Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) pimpinan DR. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *