Home / PELANGI / CILEUNGSI KAWASAN MENGGODA YANG PERLU PENATAAN

CILEUNGSI KAWASAN MENGGODA YANG PERLU PENATAAN

Indonesiadaily.co.id-, Cileungsi adalah salah satu dari 40 kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia, sebagai salah satu daerah penyanggah Ibukota Jakarta, dan memiliki populasi penduduk tertinggi. Dalam satu wilayah kecamatan Cileungsi ini ada sekitar 360 ribu penduduk yang membutuhkan penataan yang lebih baik. Kecamatan Cileungsi terletak di Wilayah Utara Timur Kabupaten Bogor, terbagi menjadi 12 desa, dan kecamatan ini adalah salah satu daerah industri di kawasan Jabodetabek.

Peta Wilayah Cileungsi

Sebagai daerah yang memiliki kawasan 689,01 ha sebagai kawasan khusus untuk industri, kecamatan Cileungsi harus melihat kepada kebijakan norma, standar, prosedur, dan manual pemanfaatan ruang di wilayah kabupaten Bogor dalam pengembangan kawasan industri sebagai implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 24/2009.

“Kalau kawasan industri, pemerintah kabupaten sudah menentukan tentang penataan tata ruang wilayah kecamatan Cileungsi. Pemerintah hanya mempunyai kewajiban paling hanya menata dan mengendalikan, karena memang wilayah Cileungsi ini kelihatannya  suatu wilayah yang memang diminati oleh para pemilik modal”, ujar Camat Cileungsi Renaldi Yushab Fiansyah, S. Sos, kepada awak media baru-baru ini.

Penataan di kecamatan Cileungsi menjadi kewenangan-kewenangan yang melekat secara atributik dipemerintah kabupaten, karena kecamatan Cileungsi tidak hanya memiliki asset sendiri, tetapi ada sarana umum yang jadi milik pemerintah kabupaten, contohnya jalan transyogi, yang menjadi urat nadi transportasi di wilayah kecamatan Cileungsi.

“Penataan-penataan yang ada misalnya begini, kalau di dalam tata ruangnya itu memang untuk zona kawasan industri, berarti pemerintah mencoba menata dan mengendalikan kawasan yang seharusnya di peruntukan untuk industri yang ada di Cileungsi. Harus sesuai dengan peruntukannya, segala sesuatu persyaratannya, agar industri ini bisa berjalan dan tidak menggangu kepentingan-kepentingan umum lainnya. Jadi untuk penataan itu kewenangannya ada di dinas tata ruang, mereka lebih tahu bagaimana aturan dan cara mensosialisasikan aturan itu”, jelas Renaldi.

Secara pendidikan dan kesehatan warga kecamatan Cileungsi lebih beruntung dari kecamatan lain, karena fasilitas pendidikan dan kesehatan tersedia tidak hanya dari pemerintah, tetapi juga dari pihak swasta, ini menjadi point dan faktor-faktor peningkat.

Kecamatan Cileungsi yang mempunyai moto “Kesabaran dan Kelengkapan Berkas Persyaratan Anda, Menjadi Tolak Ukur Kami dalam Memberikan Pelayanan yang Terbaik”, sangat mengandalkan peran serta Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) dalam mengumpulkan data jumlah penduduk, maupun mensosialisasikan peraturan.

Camat Cileungsi Renaldi Yushab Fiansyah

“Di Cileungsi ini tidak sedikit ada beberapa wilayah yang masuk dalam satu kawasan administrasi RW/RT. Saya berharap agar peran aktif RW/RT lebih ditingkatkan dan jangan rikuh/kagok untuk menanyakan data kepada pendatang, saya sering bertanya dalam migguan keliling desa kepada RW/RT apakah mereka sering bertanya kepada penghuni kost, kontrakan, atau pada suatu kawasan yang dulunya tidak ada warganya tetapi sekarang ada warganya”, pungkas Renaldi.(tcs; foto donst)

Bagikan :

About Yayo Sulistyo

Check Also

FILM ARUMI HOROR NAYATO JAMAN NOW

Indonesiadaily.co.id-, Sebagai pembuka tahun 2018 rumah produksi Flying Stars Pictures hadir menggebrak industri film Indonesia ...

KEHADIRAN BIOSKOP INDEPENDENT MENGGESER MONOPOLI LAYAR

Indonesiadaily.co.id-, Hampir seratus tujuh belas tahun keberadaan bioskop di Indonesia. Hal ini terhitung sejak adanya ...

JUMLAH PENONTON FILM INDONESIA TAHUN 2017 MENINGKAT TAJAM

Indonesiadaily.co.id-, Seiring meningkatnya kualitas film Indonesia membuat masyarakat makin gandrung dengan film buatan anak negeri. Terbuki ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *