Home / FILM / KOLABORASI IFA ISFANSYAH BERSAMA FILMMAKER MUDA YOGYAKARTA GARAP FILM PENDEK #INSTALIE

KOLABORASI IFA ISFANSYAH BERSAMA FILMMAKER MUDA YOGYAKARTA GARAP FILM PENDEK #INSTALIE

Indonesiadaily.co.id-, Ifa Isfansyah merasa senang berkolaborasi dengan para filmmaker muda Yogyakarta untuk pembuatan film. Baginya berkolaborasi dengan generasi muda juga memberikan pengalamantersendiri baginya. Telebih naskah film ini diambil dari kehidupan dan perspektif anak muda, sehingga ia juga merasa dapat belajar dari perspektif anak-anak muda dalam menggarap sebuah film.

Ifa Isfansyah kolaborasi dengan filmaker Yogyakarta

“Menggabungkan dua generasi di dunia film akan selalu memilikisesuatu yang menarik, terlebih masing-masing generasi mempunyai perspektif yang berbeda, dan setiap generasi juga memiliki tantangannya tersendiri”, ujar Ifa.

Ifa Isfansyah yang lebih dikenal sebagai produser, kini sedang menggarap satu film pendek berjudul #Instalie bersama dengan para film maker muda dari Yogyakarta. Film tersebut mencoba mengambil gambaran kehidupan anak muda sekarang yang dalam kehidupan kesehariannya diisi dengan aktivitas bersosial media, dan bahkan menjadi bagian dari identifikasi status sosial mereka. Naskah original film ini sendiri ditulis oleh Annisa Diandari. Sementara untuk penyutradaraan film ini dilakukan oleh Luthfi Dzulfikar, Maria Fransisca sebagai art director, Fandy Putra dipercaya sebagai cinematografer, dan mempercayai proses editing film kepada Grisnaldi Piten Andoro.

Ifa Isfansyah terakhir memproduseri fim Kucumbu Tubuh Indahku (2018) garapan sutradara Garin Nugroho, merasa sejauh ini proses pembuatan film berjalan dengan lancar. Ia juga menyatakan memberikan ruang yang besar bagi para filmmaker muda ini untuk mengembangkan kreativitasnya, baik dalam hal pengembangan naskah, sampai pada proses shooting di lapangan.

“Sejauh ini dalam hal rencana produksi berjalan cukup lancar dan on the track. Namun yang paling penting dalam penggarapan film ini, saya tidak memaksakan apa yang ada di kepala saya, dan memberikan ruang bagi mereka untuk berekspresi dalam satu project ini”, kata Ifa.

Sementara itu, sutradara film Luthfi Dzulfikar juga merasa senang mendapatkan kepercayaan dan pengalaman dari Ifa Isfansyah. Sebagai seorang filmmaker senior di tanah air, Ifa Isfansyah dinilai mampu mendampinginya untuk bisa membangun soul dalam film ini, karakter dari setiap tokoh di film, juga dalam hal naskah dan skrip film.

Ifa Isfansyah dan Luthfi Dzulfikar

“Saya begitu menaruh hormat pada Mas Ifa yang tak ragu untuk membagi pengetahuan dan pengalamannya dalam proses pembuatan film. Ia banyak memberikan masukan menarik yang mungkin tidak ada dalam pikiran saya, salah satunya adalah dalam hal membangun logika dan alur cerita film. Hal yang mungkin hanya bisa dipelajari oleh pengalaman,” ujar Luthfi yang mengidolakan sutradara Quentin Tarantion.

Di sisi lain, ia dan tim juga merasa tertantang untuk bekerja sama dengan filmmaker muda lainnya yang terpilih dalam ajang LA Indie Movie Festival 2019. Pria yang merupakan jebolan dari program Erasmus+ Exchange di Madrid, Spanyol ini merasa mendapatkan dukungan yang baik dari tim, sehingga satu sama lain saling memberikan pembelajaran dan pengalamannya masing-masing dalam proses produksi film #Instalie ini.

“Proses produksi film ini cukup seru, baik ketika masih dalam tahap praproduksi hingga shooting hari ini. Ketika semua keputusan dalam proses pengambilan gambar ada di tangan saya, itu juga menjadi tantangan tersendiri. Baik dalam mengatur tempo, menerjemahkan skrip dalam sebuah adegan, dan lain sebagainya. Namun karena kerjasama yang baik dari tim, maka prosesshooting dua hari ini berjalan dengan baik,” lanjut Luthfi.

Film pendek #Instalie sendiri sedianya akan dapat dinikmati oleh para pecinta film Indonesia di berbagai platoform nonton film digital di Indonesia. Namun Ifa Isfansyah sendiri belum bisa menyebutkan pada bulan apa film ini akan dirilis ke public. (rls; foto ist)

Bagikan :

About admin

Check Also

FILM KARYA LIVI ZHENG BALI BEATS OF PARADISE MENDAPAT DUKUNGAN KEMENTERIAN PARIWISATA

Indonesiadaily.co.id-, Film salah satu sarana promosi wisata yang ampuh, menyadari hal itu Kementerian Pariwisata mendukung ...

BALI BEAST OF PARADISE BESUTAN LIVI ZHENG MENDAPAT APRESIASI DARI KEMEPAR SUKSES DI AS DAN SEGERA TAYANG DI INDONESIA

Indonesiadaily.co.id-, Usaha sineas muda Indonesia, Livi Zheng agar film Indonesia bisa bersaing dan sejajar dengan ...

DIDUKUNG PARA PEMAIN FILM KOSTUM GUNDALA HADIR PERTAMA DI PASAR KOMIK BANDUNG 2019

Indonesiadaily.co.id-, Banyak cara dilakukan para produser film untuk menggaet penontonnya, salah satunya dengan menghadirkan para ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *