Home / FILM / FESTIVAL FILM PENDEK
PEMUDA KREATIF INDONESIA 2016

FESTIVAL FILM PENDEK
PEMUDA KREATIF INDONESIA 2016

Jakarta,-

Dunia perfilman merupakan aktivitas kreatif yang banyak diminati pemuda dan juga dikompetisikan, film yang menarik untuk dikompetisikan untuk pemuda adalah film fiksi naratif yang memiliki pengertian paling simple dan paling kompleks, yang memiliki durasi tayang tidak lebih dari 60 menit. Melihat kenyataan ini maka Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, khususnya Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda, memandang perlu adanya sebuah ajang Festival Film Pendek Pemuda Kreatif Indonesia (FFPPKI) 2016.

Dr. Ir. Eny Budy Sri Haryani, Msi., Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda menjelaskan, “Kementerian Pemuda dan Olah Raga mendukung dan mendorong agar para pemuda mengembangkan sikap-sikap kreatif atau menghasilkan suatu karya kreatif yang nantinya bermanfaat untuk dirinya dan untuk daya saing bangsa Indonesia ini. Terkait dengan Festival Film Pendek Pemuda Kreatif Indonesia 2016 yang tahun ini adalah tahun pertama diselenggarakan dan nanti akan menjadi acara tahunan, serta menjadi wadah bagi pemuda untuk menghasilkan karya kreatif dibidang perfilman”.

Tahapan awal adalah dengan sosialisasi melalui teaser, jaringan sosial media, sosialisasi ke pelajar, mahasiswa dan komunitas film di seluruh Indonesia. Pada 17 Agustus 2016, dibuka pendaftaran melalui mekanisme online. Peserta mendapatkan formulir dan informasi lengkap melalui facebook FFPPKI, baik kriteria teknis maupun tema. FFPPKI tahun ini mengambil tema: “Pemuda Kreatif Indonesia Menjawab Tantangan Global”.

Pendaftaran film dibuka pada I7 Agustus 2016 sampai 20 Oktober 2016. Genre Film yang dilombakan adalah Fiksi dengan durasi 5-15 menit. Peserta adalah “pemuda” dengan batas usia 16-30 tahun. Film dibuat dengan teknologi digital, peralatan bebas, adapun hasil akhir disarankan dengan format  Mpeg 4 (MP4). Peserta yang telah mendownload formulir melalui FB FFPPKI akan mengupload karya melalui youtube, lalu mengirimkan link youtube tersebut melalui email panitiafestivalfilmpemudaindonesia@gmail.com.

Jumlah peserta yang terdaftar dan memenuhi persyaratan administrasi sebanyak 117 (Seratus tujuh belas) film dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia Teknis Kurasi dan akan mendapatkan konfirmasi dari panitia.

Proses kurasi dilaksanakan di Menteng Square, Jl. Matraman Raya 30 E, Jakarta. Team seleksi awal adalah M. Fazrie Permana, S. Sn. (Ketua Tim Kurasi) Syamsul Ma`arif , M.Sn. (Anggota) Ony Wahyu Pahlevi, S.Sn. (Anggota) Dari proses kurasi team seleksi memutuskan nominasi 10 besar yaitu 1 hingga 10.

Sepuluh karya terbaik di nilai oleh juri utama pada hari Selasa tanggal 25 Oktober 2016 pada pukul 11.00 – 13.00 WIB. Berikut 10 Besar Film Nominasi yang Lolos:

1.    I Love  Me karya Riska Talitha dari Jakarta
2.    Indigo Karya Fajar Arrachman dari Jakarta
3.    Ini Tanah Kami Karya Hang Kafrawi dari Pekanbaru
4.    Kesusu Karya Wahyu Okta Nahendra dari Yogyakarta
5.    Layang Layang Waktu Karya Rifa’I Setya Aji Perdana dari Yogyakarta
6.    Narasi Sesepuh Karya Nehemia Pareang dari Jakarta
7.    Pelipur Lara Karya Jehan Fransisca dari Purwakarta
8.    Pos Kamling Karya Bagus Sabda Nur Huda dari Malang
9.    Setetes Koin Karya Rizki Karya dari Sidoarjo
10.    Unjukan Karya M. Alvin Rahmatullah dari Yogyakarta

Dewan juri akan memberikan 5 kategori pemenang dalam Festival Film Pendek Pemuda Kreatif Indonesia 2016, diantaranya : Best Movie, Best Inspiration, Best Director, Best Actor, Spesial Choice.

(tcs; foto ist

Bagikan :

About admin

Check Also

MD PICTURES LUNCURKAN FILM KOMEDI ADAPTASI DARI KARTUN LEMBARGAR DOYOK OTOY DAN ALI ONCOM

Indonesiadaily.co.id-, Setelah sukses di sinetron, cerita Doyok, Otoy dan Ali Oncom. MD Pictures kini mengangkatnya ...

GENTAYANGAN FILM HOROR MENCEKAM MULTIVISION PLUS DENGAN SENTUHAN SUTRADARA BOLLYWOOD

Indonesiadaily.co.id-, Multivision Plus (MVP) salah satu rumah produksi raksasa mencoba menghadirkan beragam cerita film guna ...

VIRGO PUTRA FILM HADIRKAN SERENDIPITY

Indonesiadaily.co.id-, Rumah produksi Virgo Putra Film (VPP) salah satu raksasa perusahaan film di Tanah Air ...

One comment

  1. sangat film yang bagus saya akan mendukungnya di oscar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *