Home / BUMI HIJAU / Green Energy Asian Agri, Dari Limbah Menjadi Berkah
Asian Agri Kenalkan PLTBg ke Para Penerima Beasiswa TF

Green Energy Asian Agri, Dari Limbah Menjadi Berkah

Indonesiadaily.net Jambi-Green Energy yang dikembangkan unit bisnis perusahaan perkebunan kelapa sawit Asian Agri di Jambi, merupakan upaya mengembangkan praktek-praktek industri ramah lingkungan.

Bahkan upaya menjaga kelestarian lingkungan yang dikembangkan PT Dasa Anugrah Sejati (PT.DAS) itu, dapat mengelola limbah cair Pabrik Kelapa Sawit (PKS) / Palm Oil Mill Effluent (POME) nya menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg). Dari Limbah menjadi Berkah.

“Bahan baku dari PLTBg adalah limbah cair PKS, sehingga dengan adanya PLTBg ini limbah cair akan diolah menjadi biogas yang dapat menghasilkan energi listrik. Artinya PKS akan menjadi ramah lingkungan, sekaligus memberi nilai tambah bagi perusahaan karena energi yang dihasilkan dimanfaatkan untuk operasional,”papar Helsin Sinuraya, Manager Pabrik PT.DAS, saat menerima kunjungan 15 orang mahasiswa 15 orang mahasiswa penerima beasiswa TF baru ini.

Bahkan menurut Helsin, saat ini dalam penjajakan kerjasama dengan PT PLN, agar listriknya kedepan dapat juga dimanfaatkan masyarakat.

“Potensi energi listrik yang dihasilkan oleh PLTBg ini bisa mencapai 2 MW. Apabila kita asumsikan listrik rumah tangga adalah 900 watt, potensi energi tersebut dapat menerangi sekitar 2000 rumah,” ujarnya memberi gambaran kepada para mahasiswa yang datang berkunjung ke PLTBg ini, sebagaimana dikutip dari laman jambidaily.com.

Sementara itu, Ketua Panitia Kunjungan, M. Agung Andika mengatakan bahwa kunjungan ini membuka wawasan baru, dimana mereka dapat melihat secara langsung bahwa industri juga dapat ramah lingkungan.

‘Dari kunjungan singkat ini, kami banyak belajar bahwa industri kelapa sawit tidak semuanya bermasalah dengan limbah. Disini kami mlihat bagaimana ada perusahaan seperti PT. DAS ini yang mengolah kembali limbah padat dan cairnya sebagai sumber energi terbarukan “green energy”. Kunjungan ini sunguh memperkaya ilmu yang kami pelajari di bangku kuliah,” Ujarnya, saat kunjungan tersebut, Sabtu (23/04) lalu.

Sementara itu, Corporate Social Responsibility Specialist TF wilayah Jambi, Juan Christie mengatakan, upaya memperkenalkan energy hijau kepada generasi muda bukanlah yang pertama kali dilakukan. Pada September 2015 lalu juga telah dilakukan kunjungan serupa.

“Upaya dalam mengenalkan energi hijau kepada generasi muda dengan mengajak mereka berkunjung ke unit-unit bisnis Asian Agri bukanlah yang pertama kali dilakukan. Pada September 2015, juga telah dilakukan hal serupa dengan membawa 32 orang mahasiswa penerima beasiswa Tanoto Foundation,’ ujarnya.

Upaya peningkatan kwalitas sumber daya manusia, khususnya generasi muda juga merupakan bentuk kepedulian Tanoto Foundation guna mendukung Jambi Unggul, diantaranya dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi.

“Tanoto Foundation sebagai yayasan nirlaba juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi di Jambi. Saat ini jumlah penerima bea siswa TF di Jambi sudah mencapai 109 orang. Berbagai upaya peningkatan sumber daya manusia khususnya bagi generasi muda adalah bentuk dukungan kami untuk mewujudkan Jambi Unggul,” jelas Juan.

Ketua Panitia Kunjungan, M. Agung Andika mengatakan bahwa kunjungan ini membuka wawasan baru, dimana mereka dapat melihat secara langsung bahwa industri juga dapat ramah lingkungan.

‘Dari kunjungan singkat ini, kami banyak belajar bahwa industri kelapa sawit tidak semuanya bermasalah dengan limbah. Disini kami mlihat bagaimana ada perusahaan seperti PT. DAS ini yang mengolah kembali limbah padat dan cairnya sebagai sumber energi terbarukan “green energy”. Kunjungan ini sunguh memperkaya ilmu yang kami pelajari di bangku kuliah,”ungkap M Agung.

Apa Itu Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) ???

Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBG) adalah pembangkit listrik yang dihasilkan oleh energi yang berasal dari biogas yang merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik cair. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan energi listrik, demikian sebagaimana dikutip dari laman www.hexamitra.co.id.

Salah satu sumber bahan baku biogas yang potensial untuk dimanfaatkan adalah limbah cair sawit. PLTBG mengolah limbah cair sawit POME (palm oil mill effluent) menjadi energi listrik. Listrik dari biogas ini dapat menaikkan rasio elektrifikasi sekaligus mengurangi subsidi energi energi fosil yang masih banyak digunakan di Indonesia. PLTBG memanfaatkan gas metan dari limbah sawit dengan biaya produksi listrik lebih murah ketimbang pembangkit listrik diesel PLN.(*)

Berbagai Sumber

Bagikan :

About admin

Check Also

MERAWAT HUTAN SIBERUT DEMI MERAWAT KEARIFAN LOKAL

Indonesiadaily.co.id-, Diperoleh kabar dan hal ini dilontarkan dalam pertemuan warga Pulau Siberut dengan awak media ...

“FLORIKULTURA INDONESIA 2017” KEBANGKITAN INDUSTRI FLORIKULTURA NASIONAL

Jakarta,- Selama enam tahun terakhir, sejak 2010 hingga 2016, data produksi serta produktivitas agribisnis florikultura ...

DEMI KELESTARIAN ALAM KORINDO GROUP TANAM 5000 POHON DI JAKARTA

Jakarta,- Dalam rangka ikut melestarikan kelestarian alam, Korindo group salah satu perusahaan perkebunan dan kehutanan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *