Home / BUMI HIJAU / ALUMNI SMPN 2 CISEWU 1 TALEGONG HIJAUKAN KEMBALI KAWASAN HUTAN LINDUNG GUNUNG CANTIGI

ALUMNI SMPN 2 CISEWU 1 TALEGONG HIJAUKAN KEMBALI KAWASAN HUTAN LINDUNG GUNUNG CANTIGI

Indonesiadaily.co.id-, Bencana alam akhir-akhir ini  mewarnai perjalanan hidup masyarakat Indonesia di berbagai daerah sepanjang tahun 2018. Seakan alam ini sedang memperingatkan manusia agar lebih sadar dalam memperhatikan lingkungannya. Ribuan korban jiwa dan materi menjadi bukti kemarahan alam atas perilaku umat manusia yang cenderung merusak alam.

Reboisasi Gunung Cantigi

Dengan mulai masuknya musim penghujan saat ini, maka resiko bencana alam khususnya banjir dan tanah longsor pun kerap mengintai masyarakat yang tinggal di kawasan pedesaan dan kaki gunung, salah satunya di Kawasan Hutan Lindung Gunung Cantigi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dalam rangka mencegah kemungkinan bencana alam yang mungkin terjadi dan juga sekaligus menghujaukan kembali kondisi Hutan Lindung Gunung Cantigi yang kini kondisinya memprihatinkan, Ikatan Alumni SMPN 2 Cisewu 1 Talegong, bersama Para Muspika kecamatan Talegong dan berbagai elemen masyarakat Talegong secara bersama-sama melakukan gerakan penanaman 3.500 pohon di Kawasan Hutan Lindung Gunung Cantigi.

“Melihat kondisi Gunung Cantigi  yang sangat mengkhawatirkan, kami Ikatan Alumni SMPN 2 Cisewu 1 Talegong memiliki harapan besar agar Gunung Cantigi yang masuk dalam Kawasan Hutan Lindung kembali berfungsi sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar yang dapat memberikan sumber air bagi kebutuhan masyarakat yangg berada di sekitar Gunung Cantigi dan mengurangi resiko bencana tanah longsor seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu”, tutur Teh Yani selaku Ketua Pelaksana Reboisasi Gunung Cantigi.

Para Peserta Reboisasi Gunung Cantigi

“Ini adalah semangat dan gerakan yang luar biasa dimana pelajar dan masyarakat telah sadar dan bahu membahu dalam melestarikan lingkungannya, saya dan aparat Pemerintah Daerah akan selalu mendukung dalam kegiatan-kegiatan positif seperti ini”, tegas Camat Talegong di sela-sela acara Reboisasi Gunung Cantigi. (rls; foto ist).

Bagikan :

About admin

Check Also

KLUNGKUNG UBAH SAMPAH MENJADI ENERGI ALTERNATIF

Indonesiadaily.co.id-, Melalui Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2016, pemerintah menetapkan percepatan pembangunan pembangkit listrik berbasis ...

MERAWAT HUTAN SIBERUT DEMI MERAWAT KEARIFAN LOKAL

Indonesiadaily.co.id-, Diperoleh kabar dan hal ini dilontarkan dalam pertemuan warga Pulau Siberut dengan awak media ...

“FLORIKULTURA INDONESIA 2017” KEBANGKITAN INDUSTRI FLORIKULTURA NASIONAL

Jakarta,- Selama enam tahun terakhir, sejak 2010 hingga 2016, data produksi serta produktivitas agribisnis florikultura ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *