Home / BUDAYA / TRADISI MAKAN BAJAMBA AKAN TERSAJI DI HARI PERS NASIONAL SUMBAR 2018

TRADISI MAKAN BAJAMBA AKAN TERSAJI DI HARI PERS NASIONAL SUMBAR 2018

Indonesiadaily.co.id-, Makan Bajamba atau juga disebut Makan Barapak adalah tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan. Tradisi ini umumnya dilangsungkan di hari-hari besar agama Islam dan dalam berbagai upacara adat, pesta adat, dan pertemuan penting lainnya. Secara harafiah Makan Bajama mengandung makna yang sangat dalam, dimana tradisi makan bersama ini akan memunculkan rasa kebersamaan tanpa melihat perbedaan status sosial.

Maskot HPN 2018

Persiapan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang akan digelar di Kota Padang, Sumatera Barat, pada bulan Februari 2018 mendatang semakin dimatangkan. Rapat pematangan HPN 2018 digelar di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Rapat dipimpin Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang juga Ketua Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Margiono, bersama Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit.

Hadir dalam rapat itu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pemprov Sumbar, Reti Wafda dan Kepala Biro Umum Pemprov Sumbar, Ruswandi. Sementara Ketua Umum PWI, didampingi Sekjen PWI, Hendry Ch. Bangun, Ketua Dewan Kehormatan PWI Ilham Bintang dan unsur pimpinan panitia pusat lainnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub Sumbar yang mewakili Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, menyerahkan Surat Perjanjian Kerjasama (SKP) penyelenggaraan HPN 2018 antara Pemprov Sumbar dan Panitia HPN 2018. Sejumlah program unggulan dalam rangkaian HPN 2018 dibahas dalam rapat tersebut. Misalnya, pesta adat Makan Bajamba pada malam hari tanggal 8 Februari 2018 dan puncak acara HPN 2018 pada tanggal 9 Februari 2018. Kedua kegiatan ini diharapkan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Hari Pers Nasional 2018

“Selain itu masyarakat Sumbar juga mengharapkan kehadiran Presiden Jokowi untuk melakukan ground breaking jalan tol Padang-Pakanbaru dan perluasan pabrik Semen Padang. Kedua proyek ini memiliki arti penting bagi pertumbuhan perekonomian Sumatera Barat dan kawasan sekitarnya”, ujar Margiono.

Juga dibahas tentang persiapan panitia HPN 2018, baik pusat maupun daerah, menyambut kehadrian puluhan duta besar negara sahabat. Rapat juga menbahas konvensi dan seminar paralel mengenai perkembangan media masa sehari sebelum acara puncak, termasuk di dalamnya pertemuan akbar Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dan bakti sosial.

Setelah mendengarkan laporan semua unsur panitia, Margiono mengatakan dirinya yakin persiapan HPN 2018 semakin matang. Melihat persiapan yang ada, dirinya yakin, HPN 2018 akan dicatat sebagai salah satu yang terbaik dalam sejarah.

“Melihat persiapan sejauh ini, kami percaya  HPN 2018 akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan masyarakat pers nasional dan masyarakat Sumatera Barat akan mendapat manfaat besar dari kegiatan ini”, ujar Margiono.

Hari Pers Nasional 2018

Hal senada juga disampaikan Wagub Sumbar Nasrul Abit. Menurutnya, pelaksanakan HPN 2018 dapat mengangkat citra Padang dan Sumatera menjadi lebih baik lagi. HPN 2018 diselenggarakan masyarakat pers nasional yang terdiri dari Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Serikat Media Siber Indonesia. (tjd; foto istw)

Bagikan :

About Yayo Sulistyo

Check Also

DIBUTUHKAN KEPASTIAN HUKUM UNTUK MENYELAMATKAN SITUS KOTA KAPUR

Indonesiadaily.co.id-, Menjadi sorotan masyarakat Pangkalpinang, Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bahwa situs Kota Kapur, terletak ...

KOLABORASI DUA KEMENTERIAN MENGGELAR BUDAYA MARITIM 2017

Indonesiadaily.co.id-, Berkolaborasi melakukan program kerja dengan menjalin kebersamaan dan menggulirkan kreativitas, harapan, visi dan misi ...

DIALOG ARTISTIK INDONESIA – MEKSIKO MAKIN DEKAT DAN BERSAHABAT

Indonesiadaily.co.id-, Suatu ketika beberapa tahun yang lalu Indonesiadaily bersama kru stasiun televise swasta berada di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *