Home / BUDAYA / KYOTO KIMONO GAKUIN KYOTO HONKO DEMONSTRASIKAN PEMAKAIAN KIMONO DAN YUKATA

KYOTO KIMONO GAKUIN KYOTO HONKO DEMONSTRASIKAN PEMAKAIAN KIMONO DAN YUKATA

Indonesiadaily.co.id-, Ada tata cara khusus memakai Kimono karena itulah pakaian ini hanya dipakai saat perayaan tradisional Jepang seperti upacara pernikahan, upacara kedewasaan dan lain-lain. Sementara itu, masyarakat Jepang memakai Yukata pada musim panas. Perbedaan lainnya adalah Kimono digunakan mengunakan kaus pelapis didalamnya, sementara Yukata tidak, dari segi harga Kimono juga lebih mahal dibanding Yukata.

Sensei Kimono dari Jepang Yuko Nakano dan Miyuki Ishii.

Baru-baru ini The Japan Foundation, Jakarta kembali menyelenggarakan acara pengenalan kebudayaan Jepang “Demonstrasi & Pengenalan Kimono oleh Kyoto Kimono Gakuin Kyoto Honko” di HALL The Japan Foundation Jakarta Summitmas 1 lantai 2, Jl. Jend Sudirman kav.61-62 Jakarta 12190. Acara ini juga dihadiri oleh istri Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia.

Para pengunjung/peserta memenuhi area acara dan sangat antusias mengikuti acara yang berlangsung selama 4 jam itu. Kali ini diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia adalah kimono (着物, yakni pakaian khas Jepang yang berasal dari kata着(ki) yang berarti mengenakan/memakai dan 物 (mono) yang berarti barang/sesuatu.

Demonstrasi ini terdiri dari sesi perkenalan berbagai jenis Kimono, khususnya Furisode (kimono berlengan panjang), Montsuki Hakama (kimono laki-laki), dan Hanayome (kimono pengantin perempuan). Pada acara itu juga diperkenalkan dan didemonstrasikan juga Yukata, bahkan para pengunjung/peserta di ajak terlibat dalam memperagakan bagaimana memakai Kimono dan Yukata dibawah arahan langsung oleh para Sensei Kimono dari Jepang Yuko Nakano dan Miyuki Ishii.

Sensei Yuko Nakano dan Miyuki Ishii bersama para peserta

Yuko Nakano tumbuh bersama orang tua penggemar tenun Jepang wasai dan seni menyulam tali kumihimo, Nakano-sensei mendalami Kimono sejak kecil. Selain sebagai dosen di Kyoto Kimono Gakuin, Nakano-sensei mengajar juga di kota Fukui dan menangani program Kimono Fashion. Sedangkan Miyuki Ishii belajar Kimono sejak usia 20, Ishii-sensei juga merupakan perancang Kimono yang bercita-cita mempopulerkan Kimono kepada masyarakat di berbagai usia. Selain di Kyoto, Ishii-sensei mengajar juga di cabang Nishinomiya. Website: http://www.kyoto-kimono-g.jp/ (nia; foto tc)

Bagikan :

About Yayo Sulistyo

Check Also

LUDRUK IRAMA BUDAYA HIBUR MASYARAKAT JAKARTA DI BULAN AGUSTUS

Indonesiadaily.co.id-, Nasib kesenian tradisional memang makin memprihatikan, usaha untuk pelestarian terus dilakukan oleh para pelaku ...

MELALUI BIMBINGAN EDUKASI LANGSUNG GALERI NASIONAL LIBATKAN PELAJAR UNTUK MENJADI APRESIATOR SENI TERHEBAT

Indonesiadaily.co.id-, Melakukan kunjungan kepameran seni tengah menjadi fenomena bagi generasi muda perkotaan di Indonesia. Foto ...

SERUPA BUNYI PERAN GALERI NASIONAL INDONESIA DAN PENGUATAN PROGRAM INTERNASIONAL GAMELAN FESTIVAL 2018

Indonesiadaily.co.id-, Program dukungan/sinergi antar lembaga budaya telah dilaksanakan Galeri Nasional Indonesia (GNI) setiap tahun. Dalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *