Home / BUDAYA / “KORAN KAMI” REFLEKSI NASIB WARTAWAN USAI PENSIUN

“KORAN KAMI” REFLEKSI NASIB WARTAWAN USAI PENSIUN

Indonesiadaily.co.id-,  ” Tahun ini saya pensiun, beberapa bulan lagi”, ujar Bre Redana yang memiliki nama asli Don Sabdono, disingkat Dn,  lalu berganti dengan Bre pada akhir berita yang ditulisnya, kepada Indonesiadaily dalam acara seminar arsitektur di kawasan Kota Tua, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lalu apa yang akan dilakukan Bre Redana, wartawan harian terpandang terbitan Jakarta yang kantornya mentereng di Kawasan Palmerah setelah pension. Akan menjadi dosen di Perguruan Tinggi kah ?.

Bre Redana

“Saya menulis buku tentang pengalaman kewartawanan, terutama selama bekerja di koran itu (Bre menyebut nama korannya tempat bekerja), dan saya tulis dalam bentuk, novel, dan ada sosok perempuan yang bakal menjadi tokohnya”, cetus Bre tersipu.

Sekian bulan novel yang dijanjikan pun terbit dan diluncurkan akhir November, Rabu. 29 November 2017 di Bentara Budaya, Jakarta. Novel yang ditulis Bre Redana bertajuk Koran Kami with Lucy in the Sky.

Lucy in the Sky ini tidak lain lagu The Beatles, dari album  Sgt. Pepper’s Lonely   Hearts Club Band ,yang digulirkan 50 tahun lalu. Bisa jadi kehadiran novel Koran Kami ini untuk memperingati setengah abad album tersebut yang menurut Bre selama 50 tahun terakhir ini banyak kejadian dahsyat. Di antaranya pendataran manusia di bulan dan peristiwa di Indonesia seperti G30S yang kerap dijadikan latar belakang novel judul lain maupun cerita pendek karya Bre,  Sum Kuning,  Sawito ditangkap dan munculnya istilah Orde Baru, serta masih banyak lagi peristiwa yang dramatik di zaman now ini.

Koran Kami

Album Sgt. Pepper Lonely Hearts Club Band ini sangat fenomental  sebagaimana hitsnya Lucy in the Sky with Diamonds. Demkianpun novel Koran Kami yang diembel embeli with Lucy in the Sky, apakah bakal fenomental juga ?. Inilah perkara lain dan inilah masalahnya yang patut dicermati dengan menunggu waktu.

Dalam novel Bre ini seketika Lucy in the Sky menjadi tokoh cewek, muda, cantik, makmur, penuh gaya, berada di tengah para veteran wartawan yang dibesarkan oleh jaman yang dulu melahirkan generasi yang mengira hidup cukup hanya dengan cinta.

Sementara kisah Koran Kami tentang wartawan bernama San Santiana, saat menjelang pensiun menerima pekerjaan dari sahabatnya untuk membikin koran baru. Untuk menerbitkan koran baru itu dianggap muskil, terlebih di era digital. Namun tawaran itu tetap diterima San Santiana. Koran itu diberi nama Koran Kami. Mengenai Lucy in the Sky, hanya bergulir dan menempel pada Koran Kami.

Sesungguhnya ada beberapa novel yang berlatar melakang media selain yang ditulis Bre Redana. Hanya saja apa yang ditulis Bre tidak menukik, dan tidak tajam. Padahal tempat bekerja Bre, penuh warna dan pasti ada konflik yang menggetarkan. Bre Redana sendiri pernah menangani koran daerah yang dalam naungan satu grup tempat kerjanya, dan masalah mutasi wartawan yang tidak selalu memuaskan, perebutan menjadi redaktur, sangat sayang tidak digarap Bre Redana.

Koran Kami Bre Redana

Sebetulnya kisah itu adalah subtansi apabila seorang wartawan yang pensiun dan menghabiskan waktunya untuk menulis novel. Bre Radana hanya mendongeng, begitu koleganya menyatakan. Sementara dongeng yang dicuatkan Koran Kami terasa genit. Sementara pula wartawan tidak mengenal pensiun yang kata lain musti menulis dan terus menulis. (snm; foto istw

Bagikan :

About Yayo Sulistyo

Check Also

LUDRUK IRAMA BUDAYA HIBUR MASYARAKAT JAKARTA DI BULAN AGUSTUS

Indonesiadaily.co.id-, Nasib kesenian tradisional memang makin memprihatikan, usaha untuk pelestarian terus dilakukan oleh para pelaku ...

MELALUI BIMBINGAN EDUKASI LANGSUNG GALERI NASIONAL LIBATKAN PELAJAR UNTUK MENJADI APRESIATOR SENI TERHEBAT

Indonesiadaily.co.id-, Melakukan kunjungan kepameran seni tengah menjadi fenomena bagi generasi muda perkotaan di Indonesia. Foto ...

SERUPA BUNYI PERAN GALERI NASIONAL INDONESIA DAN PENGUATAN PROGRAM INTERNASIONAL GAMELAN FESTIVAL 2018

Indonesiadaily.co.id-, Program dukungan/sinergi antar lembaga budaya telah dilaksanakan Galeri Nasional Indonesia (GNI) setiap tahun. Dalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *